Keren..! Aktor Fauzi Baadilla Bermalam Bersama Pengungsi Suriah


Senin, 20 Januari 2020 - 16:54:20 WIB
Keren..! Aktor Fauzi Baadilla  Bermalam Bersama Pengungsi Suriah Aktor Fauzi Baadila bersama nak-anak pengungsi Suriah. IST

SURIAH,HARIANHALUAN.COM-Bersama tim Aksi Cepat Tanggap (ACT), Aktor Fauzi Baadila ikut merasakan bermalam bersama pengungsi Suriah. Sebelumnya dikabarkan, jutaan orang terpaksa mengungsi dari Suriah akibat konflik.

"Sekitar 5,6 juta jiwa harus keluar dari Suriah, di antaranya ke Turki dan negara-negara Eropa. Sementara 6,2 juta jiwa harus jadi pengungsi di negara sendiri," ungkap Bambang Triyono selaku Direktur Global Humanity Response (GHR) – (ACT).

Fauzi Baadila pun menceritakan pengalamannya selama di pengungsian Suriah.

Diakuinya, ia hanya bermalam bersama para pengungsi dari Suriah di sebuah tenda yang hanya terbuat dari terpal dan memiliki dinding yang tipis.

Sementara suhu yang dingin suara tembakan dari senjata api kerap terdengar.

"Itu yang namanya tenda tipis sekali, jadi pernah saya mau tidur tiba-tiba ada suara 'dem dem dem duar' itu saya langsung duduk dan berdoa, karena takut nyasar" jelasnya.

Fauzi mengakui merasakan kesedihan yang luar biasa selama memberikan bantuan kepada para pengungsi.

"Itu benar-benar menyayat hati saya ya, melihat rumah-rumah yang sudah bolong dindingnya akibat terkena serangan rudal dan kaca yang sudah pecah juga," ungkapnya.

Sejak 2012, ACT senantiasa mendistribusikan bantuan untuk masyarakat Suriah. Bantuan diberikan melalui sejumlah program kemanusiaan berkelanjutan di bidang pangan, sandang, layanan kesehatan, pendidikan, dan lainnya. 

Sejumlah program yang disiapkan untuk merespon kondisi krisis musim dingin saat ini adalah 1.000 paket pangan, 2.000 paket roti, peralatan musim dingin (pakaian hangat, selimut, bantal, kasur, bahan bakar, dll), emergency house seluas 24 m², dan 10 unit bus yang bersiaga untuk memobilisasi eksodus penduduk jika terjadi serangan. 

Selain itu, ACT akan terus melanjutkan program-program yang sebelumnya sudah diimplementasikan untuk Suriah. Di antaranya adalah apartemen di Idlib yang sudah menampung sekitar 25 kepala keluarga, kemudian Indonesia Humanitarian Center (IHC) yang akan terus dimasifkan untuk memenuhi kebutuhan logistik pengungsi, serta melanjutkan pemberian bantuan pangan dan bantuan musim dingin melalui Rekening Aksi Cepat Tanggap : BNI Syariah 8660 2910 1904 0096 atau melalui link bit.ly/LetsHelpSuriah. (h/mg-yes)

Reporter : YESI /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]