Tolak RUU Omnibus Law CLK, Ribuan Buruh Kepung Gedung DPR


Senin, 20 Januari 2020 - 18:01:37 WIB
Tolak RUU Omnibus Law CLK, Ribuan Buruh Kepung Gedung DPR Ribuan elemen serikat pekerja menggelar aksi demo terkait penolakan terhadap Omnibus Law dan kenaikan iuran BPJS Kesehatan di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senayan, Jakarta, Senin, (20/1/2020). (Foto: Jimmy Ratag/Haluan.co)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Ribuan buruh melakukan aksi di depan gerbang Komplek Parlemen Senayan, jalan Gatot Soebroto,Senin (20/1/2020). 

Dalam orasinya, mereka menolak konsep Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dan kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Akibat aksi tersebut, jalan Gatot Soebroto sempat ditutup. Busway yang menuju dari awah Cawang menuju Tomang harus masuk jalan tol.

Akhirnya perwakilan demo buruh diterima Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Supratman Andi Agtas , di Ruang Rapat Pansus B DPR RI, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta.

Diantara delegasi buruh yang diterima itu adalah Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). 

Mereka menolak konsep Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (CLK) karena dinilai sangat merugikan kepentingan buruh sangat berorientasi untuk kepentingan pengusaha.

Ketua Harian KSPI Muhammad Rusdi mengatakan, rencana menerbitkan Omnibus Law CLK oleh pemerintah membuat para buruh bereaksi hampir di semua kota besar, termasuk kota-kota basis industri. Konsep Omnibus Law yang ditawarkan pemerintah ini, menurutnya, akan mengubah pula sistem jaminan sosial bagi para buruh.
“Rencana Omnibus Law membuat buruh bereaksi. Pemerintah telah terbitkan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Lalu, Pemerintah akan mengubah aturan ketenagakerjaan itu. Tidak hanya itu, akan mengubah juga UU Sistem Jaminan Nasional dan UU Perburuhan lainnya. Ini mengakibatkan puluhan ribu buruh turun ke jalan,” tegasnya.

Menanggapi keluhan buruh itu, Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas menekankan bahwa Baleg DPR hingga kini belum menerima RUU Omnibus Law tentang CLK itu.

“Hari ini DPR belum memutuskan karena belum menerima RUU Omnibus Law tentang Cipta Lapangan Kerja. Hasil pertemuan kita pada hari ini tentu akan digunakan oleh teman-teman dari berbagai fraksi di parlemen ini untuk mendengarkan aspirasai teman-teman buruh,” kata Supratman.

Politisi Gerindra itu berjanji, bila kelak Baleg diberi kepercayaan untuk membahas RUU ini, pihaknya pasti meengundang semua kelompok kepentingan, termasuk buruh.*
 

 Sumber : Haluan.Co /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM