Maju Pilkada Tanah Datar, Indra Gunalan Janjikan 10 Ribu Lapangan Pekerjaan


Senin, 20 Januari 2020 - 21:46:27 WIB
Maju Pilkada Tanah Datar, Indra Gunalan Janjikan 10 Ribu Lapangan Pekerjaan INDRA Gunalan bersama pengurus DPC Demokrat usai menyampaikan visi-misinya. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Maju sebagai bakal calon bupati Tanah Datar pada pemilihan kepala daerah mendatang, Indra Gunalan menjadi orang terakhir menyampaikan visi-misinya di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Tanah Datar, Senin (20/1).

Sekretaris DPC Partai Demokrat, Romi Martianus saat menerima kehadiran Indra Gunalan (IG) bersama pengurus Demokrat lainnya mengatakan. Terlambatnya penyampaian visi-misi Indra Gunalan karena sesuatu hal. Meski demikian, penyampaian dan bedah visi-misi ini tidak akan mengurangi nilai dan akan tetap dibedah oleh panelis yang terdiri dari kader Demokrat.

Dalam penyampaiannya, Wali Nagari Tigo Jangko, Lintau itu mengatakan bahwa tekadnya maju sebagai wakil bupati dengan visi untuk terwujudnya Tanah Datar maju, inovatif berbudaya dalam bingkai ABS-SBK. Selain itu, dalam misinya, ia juga berkeinginan meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis pertanian dan peternakan, menciptakan pemerintahan bersih dan melayani, jika diamanahkan masyarakat Tanah Datar.

"Selain itu, saya ingin membuka lapangan kerja untuk 10 ribu tenaga kerja dan melahirkan siswa yang berprestasi, baik kabupaten, provinsi maupun nasional melalui sekolah sekolah unggul," kata putra kelahiran 12 Juli 1971 itu.

Dalam bedah visi-misi itu, ia juga memiliki program prioritas terutama menuntaskan persoalan-persoalan yang dihadapi daerah dan masyarakat saat ini, seperti pada bidang pendidikan, dimana kualitas dan mutu pendidikan masih rendah, tidak meratanya sarana dan prasarana pendidikan.

Ia juga menilai, saat ini di Tanah Datar juga terjadi kekurangan tenaga pengajar terutama di daerah terpencil. Pada bedah visi-misi itu, IG juga memberikan obat penawar berupa kebijakan dengan perlunya peningkatan anggaran, meningkatkan kopetensi guru serta melakukan pemerataan pembangunan dan sarana serta prasarana pendidikan. Pada bidang kesehatan, IG bertekat mewujudkan pemerataan, baik sarana prasarana maupun tenaga kesehatan itu sendiri.

"Untuk daerah terpencil, kita nantinya akan meningkatkan jumlah tenaga pengajar, dan nagari-nagari, merealisasikan keberadaan pustaka nagari," ujar IG lagi.

Menjawab pertanyaan panelis terhadap visi dan misi yang disampaikan,  salah satunya kasus kelangkaan obat yang terjadi karena penunggakan BPJS, ditanggapi IG jika hal tersebut butuh pengkajian dimana hulu persoalan berada di pusat. Akan tetapi, jika APBD Tanah Datar dianggap mencukupi untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, tidak menutup kemungkinan pemkab Tanah Datar nantinya dapat memutus BPJS dan ditanggulangi oleh pemerintah daerah.

IG juga berkomitmen akan menindak tegas pihak maupun yang mengambil keuntungan secara illegal dalam proses pembangunan di Tanah Datar. Hal ini dilakukan agar pembangunan berjalan baik dan sesua aturan yang berlaku.

Menurut IG, Tanah Datar juga kaya dengan sumber daya alam, seperti batubara, gas dan emas. Meski demikian, seluruh potensi alam itu belum terkelola secara maksimal karena terkendala RTRW. Ia pun menegaskan, dirinya sanggup nantinya memberikan kontribusi PAD Tanah Datar dalam jumlah fantastis hingga Rp.1 triliun pertahun.

"Kini RTRW belum mendukung untuk penggarapan potensi SDA itu, kita punya sumber daya tambang, ada potensi tambang emas, gas, nanti kita akan kelola itu. tetapi jangan menghadirkan investasi asing, kita sendiri yang mengelola. PAD Rp.1 triliun itu bisa kita capai, saya sangat optimis, bukan tidak mungkin, tidak pula dengan cara kita menyerahkan kepada investor asing, tetapi putra Tanah Datar yang mengelola," ujar Indra Gunalan optimis.

Sebelum di Demokrat, pada hari yang sama IG juga telah menyampaikan visi-misi serupa di Partai PKS, di sana ia diterima Ketua PKS Tanah Datar Saidani, Sekretaris, para anggota DPRD asal PKS dan pegurus lainnya. (h/fma)

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM