Cegah Sampah ke Laut, DLH Kota Padang Pasang Kubus Apung


Senin, 20 Januari 2020 - 23:35:36 WIB
Cegah Sampah ke Laut, DLH Kota Padang Pasang Kubus Apung Kepala DLH Kota Padang, Mairizon. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang terus berkomitmen untuk mewujudkan Pantai Padang menjadi objek wisata yang bersih dan nyaman dikunjungi wisatawan. Ini dibuktikan bakal dipasangnya kubus apung di dua titik sungai di Kota Bingkuang.

Kepala DLH Kota Padang, Mairizon mengatakan, pemasangan kubus apung tersebut bertujuan untuk meminimalisir jumlah sampah yang menumpuk di tepi pantai. Nantinya kubus apung inu akan dipasang di dua titik sungai di Kota Padang, yakni di Gurun Laweh dan kawasan Palinggam.

"Dipasang di Gurun Laweh dan menjelang masuk ke Palinggam. Karena kita lihat tingkat limbah paling tinggi di sana," ujar Mairizon kepada awak media, Senin (20/1/2020).

Mairizon menilai, pasca hujan sampah yang menumpuk di tepi pantai berasal dari laut dan hulu sungai. Alhasil sampah dibawa oleh aliran air dari hulu ke hilir sungai. Kemudian, sampah akan berada di palung-palung laut. Proses tersebut berlangsung bukan sebulan-dua bulan, melainkan bertahun-tahun. 

Mairizon menuturkan, saat debit curah air hujan tinggi, pasang naik air laut membantu membawa sampah tersebut dari laut ke tepi pantai. Pihaknya telah melakukan peninjauan kelapangan, setelah ditinjau tidam ada satupun sampah yang utuh. Artinya, sampah tersebut bukan karena hujan.

"Kita lihat (cek) sampah itu tidak ada yang utuh. Itu menandakan sampah ini bukan karena hujan kemarin, tapi dia membantu memuntahkannya ke daratan. Bukan sampah kemarin itu, tapi sampah sepuluh-dua puluh tahun yang lalu," ujar Mairizon.

Mairizon menegaskan bahwa pemasangan kubus apung membantu menahan sampah dari hulu sebelum masuk ke hilir sungai. Setelah tertahan, sampah-sampah tersebut selanjutnya dikeruk untuk kemudian dibuang ke tempat pembuangan sampah.

Lebih lanjut, kata Mairizon, pemasangan kubus apung di dua titik sungai tersebut akan menghabiskan anggaran Rp500 juta. Pemasangan kubus apung akan dimulai pada Mei 2020. Bahkan pihaknya telah menyusun KAK (Kerangka Acuan Kerja).

"Nanti kita tenderkan. Siapa pemenangnya, silahkan pasang. Upaya pembersihan tepi pantai dari sampah harus tetap dilakukan agar kawasan itu tidak terlihat kumuh," ucap Mairizon.

Mairizon menjelaskan bahwa proses pengurangan jumlah sampah juga harus dimulai dengan kesadaran masyarakat yang tinggal di hulu sungai agar tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini dikarenakan sampah yang tertumpuk di tepi pantai setelah datangnya hujan berasal dari sumber sampah, yakni hulu sungai. (*)

 Editor : Milna


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 12 Agustus 2019 - 07:04:57 WIB

    Cegah Korupsi, Pemko Padang Terbitkan Perwako Tentang Pengaduan WBS

    Cegah Korupsi, Pemko Padang Terbitkan Perwako Tentang Pengaduan WBS PADANG, HARIANHALUAN.COM –Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman seluruh jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Padang tentang program pencegahan dan pengendalian tindak pidana korupsi dan peraturan-peraturan yang berkaitan.
  • Kamis, 21 Februari 2019 - 11:30:35 WIB

    Cegah Pengaruh Narkoba, BNNP Beri Pelatihan Pecandu Narkoba

    Cegah Pengaruh Narkoba, BNNP Beri Pelatihan Pecandu Narkoba PADANG, HARIANHALUAN.COM--Karena ingin menyelamatkan anak-anak bangsa ini dari pengaruh narkoba, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar, memberikan pelatihan kepada para pecandu narkotika untuk bisa melakukan hal yan.
  • Kamis, 13 September 2018 - 21:54:08 WIB

    Cegah Bahaya Narkoba, BLK Padang Bersama BNNP Sumbar Gelar Pameran Edukasi

    Cegah Bahaya Narkoba, BLK Padang Bersama BNNP Sumbar Gelar Pameran Edukasi PADANG, HARIANHALUAN.COM- -Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, menggelar pameran dan edukasi bahaya narkoba, Kamis (13/9)..
  • Selasa, 24 Juli 2018 - 14:32:56 WIB

    Cegah Bahaya Narkoba, 304 Peserta BLK Padang Tes Urine

    Cegah Bahaya Narkoba, 304 Peserta BLK Padang Tes Urine PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka pencegahan dan mengantisipasi penyalahgunaan Narkoba, BLK Padang bekerja sama dengan BNN Provinsi Sumbar melakukan kegiatan test urin terhadap siswa peserta Pelatihan Berbasis Kompeten.
  • Sabtu, 24 Desember 2016 - 01:54:15 WIB

    Cegah Kelompok Teror dengan Deteksi Dini

    PADANG, HALUAN — Ketua Komisi I DPRD Sum­bar, Aristo Mu­nandar mengatakan, keberadaan ke­lom­pok teroris bisa me­lemahkan bangsa dan bertentangan dengan pancasila. Karena itu, semua elemen masyarakat harus berperan ser.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM