Duh..! Nunggak Pajak Lebih dari 5 Tahun, Kendaraan akan Dimusnahkan


Selasa, 21 Januari 2020 - 11:18:59 WIB
Duh..! Nunggak Pajak Lebih dari 5 Tahun, Kendaraan akan Dimusnahkan Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat)

KENDARI, HARIANHALUAN.COM—Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Tenggara tengah menyiapkan sanksi tegas untuk para penunggak pajak kendaraan bermotor hingga lebih dari lima tahun.

Kepala Bapenda Sulawesi Tenggara (Sultra) Yusuf Mundu mengatakan sanksi tersebut bertujuan agar pemilik kendaraan lebih taat dalam membayar pajak. Nanti, ketentuan itu akan dimasukkan dalam rancangan peraturan daerah (Perda).

"Kendaraan yang tidak bayar pajak selama lebih dari lima tahun, akan disita dan dimusnahkan. Akan dianggap bodong," tegas Yusuf, dikutip Selasa (21/01/2020).

Yusuf menambahkan Pemprov Sultra tak akan membuat kebijakan tentang pemutihan atau amnesti pajak untuk kendaraan yang menunggak. Hal ini bertujuan agar pemilik kendaraan lebih sadar dengan kewajiban pajaknya.

"Pak Gubernur meminta supaya tidak ada lagi pemutihan pajak. Biar masyarakat lebih sadar pajak," tuturnya.

Namun, lanjut Yusuf, tak semua kendaraan penunggak pajak akan langsung dimusnahkan. Pemprov Sultra akan mengecualikan untuk kendaraan rusak atau memerlukan perbaikan hingga berbulan-bulan.

Tak hanya itu, pemilik kendaraan yang ingin mendapat pengecualian harus menyertakan surat keterangan dari bengkel.

Dilansir dari zonasultra, Pemprov Sultra tengah menggenjot pendapatan asli daerah (PAD), terutama dari pajak kendaraan bermotor. Tahun lalu, realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor mencapai Rp159 miliar.

Sementara tahun ini, Pemprov Sultra menargetkan penerimaan dari pajak kendaraan bermotor meningkat 2 persen menjadi Rp162 miliar. Adapun, kontribusi penerimaan pajak kendaraan bermotor mencapai 14 persen dari target PAD 2020 sebesar Rp1,2 triliun. (h/ddtc)

 Sumber : DDTCNews /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 14:50:12 WIB

    Duh..! Begini Ancaman Sri Mulyani untuk BPJS Kesehatan

    Duh..! Begini Ancaman Sri Mulyani untuk BPJS Kesehatan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengancam akan menarik kembali suntikan modal ke BPJS Kesehatan jika Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan dibatalkan. Perpres itu memutuskan.
  • Senin, 17 Februari 2020 - 15:15:22 WIB

    Duh..! Jokowi Gagal Capai Target Indeks Pembangunan Manusia

    Duh..! Jokowi Gagal Capai Target Indeks Pembangunan Manusia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada 2019 meleset dari target. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat IPM Indonesia berada di angka 71,92 pada 2019. Angka tersebut meningkat 0,74 persen dibandingka.
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 22:44:27 WIB

    Waduh..! RUU Omnibus Cipta Kerja Hapus Cuti Haid, Nikah dan Beribadah

    Waduh..! RUU Omnibus Cipta Kerja Hapus Cuti Haid, Nikah dan Beribadah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Cipta Kerja menghapus sejumlah ketentuan izin dan cuti khusus yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Di antaranya adal.
  • Kamis, 13 Februari 2020 - 12:02:10 WIB

    Waduh..! WN China Positif Corona Pelesir ke Bali, Jejaknya Ditelusuri

    Waduh..! WN China Positif Corona Pelesir ke Bali, Jejaknya Ditelusuri DENPASAR, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kesehatan Bali melakukan pelacakan kontak (contact tracing) dari jejak perjalanan wisatawan asal China yang disebut terjangkit virus corona..
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 13:06:07 WIB

    Waduh..! Tim Pendukung Mulfachri dan Zulhas Nyaris Adu Jotos

    Waduh..! Tim Pendukung Mulfachri dan Zulhas Nyaris Adu Jotos KENDARI, HARIANHALUAN.COM - Tim pendukung calon Ketua Umum (Caketum) DPP PAN periode 2020-2025 Mulfachri Harahap dan Zulkifli Hasan kembali memanas dan nyaris bentrok di lantai satu Hotel Clarion Kota Kendari, Provinsi Sulawe.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM