Iran Gempur Pangkalan AS di Irak, Kantor Kedubes Nyaris Hancur Kena Serangan Roket!


Selasa, 21 Januari 2020 - 11:59:17 WIB
Iran Gempur Pangkalan AS di Irak, Kantor Kedubes Nyaris Hancur Kena Serangan Roket! Tentara Irak berjaga di Kedubes AS di Baghdad yang diserang anggota milisi Irak pro-Iran pekan lalu (AP Photo/Nasser Nasser)

BAGHDAD,HARIANHALUAN.COM- Pihak diduga pendukung Iran,  melancarkan serangan lagi ke pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Irak dan Kedutaan Besar AS, Selasa pagi tadi.


 Sedikitnya ada tiga roket yang jatuh di dekat kompleks Kedubes AS yang ada di kawasan Zona Hijau yang pengamanannya sangat ketat di kota Baghdat Irak.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Selasa (21/1/2020), serangan roket terbaru yang terjadi pada Selasa (21/1) pagi waktu setempat ini memicu sirene yang berbunyi di seluruh kawasan Zona Hijau.

Dituturkan sejumlah sumber keamanan setempat bahwa roket-roket itu jatuh di dalam kawasan Zona Hijau, tepatnya dekat Kedubes AS. Zona Hijau juga menjadi lokasi kantor pemerintahan Irak dan beberapa misi diplomatik asing.
Dua pejabat keamanan Irak lainnya yang enggan disebut namanya menyatakan tiga roket yang jatuh di dalam Zona Hijau itu merupakan jenis Katyusha.

Sejauh ini tidak ada laporan soal korban jiwa akibat serangan roket ini.

Dalang di balik serangan roket ini tidak diketahui pasti. Namun laporan Reuters yang mengutip Kepolisian Baghdad menyebut tiga roket Katyusha itu diluncurkan dari distrik Zafaraniyah yang terletak di luar kota Baghdad.

Serangan roket yang jatuh di dekat Kedubes AS di Baghdad ini pernah terjadi sebelumnya. Pada 8 Januari lalu, dua roket dilaporkan jatuh di dalam Zona Hijau. 

Pada hari yang sama, dua markas pasukan AS di Irak dihujani serangan rudal Iran yang membalas kematian jenderal top mereka, Qasem Soleimani, yang tewas dalam serangan drone AS. (*)

 Sumber : Sindo /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 13 Februari 2020 - 15:41:54 WIB

    Hii..! Wanita Ini Bikin Roti Pakai Ragi Cairan 'Miss V' Sendiri

    Hii..! Wanita Ini Bikin Roti Pakai Ragi Cairan 'Miss V' Sendiri JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bukan dengan ragi biasa, blogger wanita asal Inggris ini membuat adonan roti sourdough menggunakan cairan dari vaginanya sebagai pengganti ragi..
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 09:01:39 WIB

    Wah...! Arsitek RS Virus Corona di China Kelahiran Indonesia

    Wah...! Arsitek RS Virus Corona di China Kelahiran Indonesia BEIJING, HARIANHALUAN.COM - China mengatakan arsitek Huoshenshan Hospital, rumah sakit khusus pasien virus corona di Wuhan, lahir di Indonesia. Rumah sakit itu menjadi sorotan lantaran dibangun hanya dalam waktu sepuluh hari .
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 13:17:56 WIB

    Gara-gara Serangan Rudal Iran, 50 Tentara AS Alami Gegar Otak Akut

    Gara-gara Serangan Rudal Iran, 50 Tentara AS Alami Gegar Otak Akut WASHINGTON, HARIANHALUAN.COM - Pentagon mengatakan pada Selasa (28/1), 50 tentara Amerika Serikat saat ini didiagnosis mengalami cedera otak akut pascaserangan rudal Iran di sebuah pangkalan di Irak pada awal Januari..
  • Rabu, 22 Januari 2020 - 11:28:46 WIB

    Politikus Iran Gelar Sayembara Rp41 M Demi Bunuh Trump

    Politikus Iran Gelar Sayembara Rp41 M Demi Bunuh Trump JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seorang politikus Iran, Ahmad Hamzeh, menggelar sayembara berhadiah US$3 juta (sekitar Rp41 miliar) bagi siapa saja yang bisa membunuh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Dia mengatakan tawaran.
  • Ahad, 19 Januari 2020 - 13:57:48 WIB

    Ultimatum Iran: Pasukan AS-Eropa dalam Bahaya!

    Ultimatum Iran: Pasukan AS-Eropa dalam Bahaya! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Iran kembali memberi peringatan keras terhadap Eropa dan Amerika Serikat (AS) terkait kehadiran keduanya di Timur Tengah. Bahkan dalam pidatonya di televisi pemerintah, Presiden Iran Hassan Rouhani.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM