Iran Gempur Pangkalan AS di Irak, Kantor Kedubes Nyaris Hancur Kena Serangan Roket!


Selasa, 21 Januari 2020 - 11:59:17 WIB
Iran Gempur Pangkalan AS di Irak, Kantor Kedubes Nyaris Hancur Kena Serangan Roket! Tentara Irak berjaga di Kedubes AS di Baghdad yang diserang anggota milisi Irak pro-Iran pekan lalu (AP Photo/Nasser Nasser)

BAGHDAD,HARIANHALUAN.COM- Pihak diduga pendukung Iran,  melancarkan serangan lagi ke pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Irak dan Kedutaan Besar AS, Selasa pagi tadi.


 Sedikitnya ada tiga roket yang jatuh di dekat kompleks Kedubes AS yang ada di kawasan Zona Hijau yang pengamanannya sangat ketat di kota Baghdat Irak.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Selasa (21/1/2020), serangan roket terbaru yang terjadi pada Selasa (21/1) pagi waktu setempat ini memicu sirene yang berbunyi di seluruh kawasan Zona Hijau.

Dituturkan sejumlah sumber keamanan setempat bahwa roket-roket itu jatuh di dalam kawasan Zona Hijau, tepatnya dekat Kedubes AS. Zona Hijau juga menjadi lokasi kantor pemerintahan Irak dan beberapa misi diplomatik asing.
Dua pejabat keamanan Irak lainnya yang enggan disebut namanya menyatakan tiga roket yang jatuh di dalam Zona Hijau itu merupakan jenis Katyusha.

Sejauh ini tidak ada laporan soal korban jiwa akibat serangan roket ini.

Dalang di balik serangan roket ini tidak diketahui pasti. Namun laporan Reuters yang mengutip Kepolisian Baghdad menyebut tiga roket Katyusha itu diluncurkan dari distrik Zafaraniyah yang terletak di luar kota Baghdad.

Serangan roket yang jatuh di dekat Kedubes AS di Baghdad ini pernah terjadi sebelumnya. Pada 8 Januari lalu, dua roket dilaporkan jatuh di dalam Zona Hijau. 

Pada hari yang sama, dua markas pasukan AS di Irak dihujani serangan rudal Iran yang membalas kematian jenderal top mereka, Qasem Soleimani, yang tewas dalam serangan drone AS. (*)

loading...
 Sumber : Sindo /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 09:25:52 WIB

    Pasukan Iran Tembakkan Rudal Kapal Tiruan AS, Ternyata?

    Pasukan Iran Tembakkan Rudal Kapal Tiruan AS, Ternyata? HARIANHALUAN.COM - Pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC) menembakkan rudal ke kapal induk tiruan Amerika Serikat, USS Nimitz saat latihan perang di Selat Hormuz. Latihan militer pada Selasa (28/7/2020) itu dilakukan di tengah me.
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 20:00:32 WIB

    Iran-Israel di Ambang Perang, Ini Perbandingan Kekuatan Tempurnya

    Iran-Israel di Ambang Perang, Ini Perbandingan Kekuatan Tempurnya HARIANHALUAN.COM – Iran dan Israel terus memanas, bahkan bisa berujung perang. Garda Revolusi Iran (IRGC) pun terus memasang kuda-kuda terhadap negara-negara Barat. Negara Apartheid itu pun kerap menyerang Iran, sebuah insi.
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 07:11:33 WIB

    Dua Jet Tempur AS Senggol Pesawat Iran, Penumpang Cedera

    Dua Jet Tempur AS Senggol Pesawat Iran, Penumpang Cedera HARIANHALUAN.COM - Dua jet tempur Amerika Serikta 'mencium' sebuah pesawat penumpang Iran di atas wilayah udara Suriah. Akibat hal itu pilot mengubah ketinggian dengan cepat untuk menghindari tabrakan, yang menyebabkan sejuml.
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 07:36:02 WIB

    89 Kali Kapal AL Tiongkok Menyusup ke Perairan Malaysia

    89 Kali Kapal AL Tiongkok Menyusup ke Perairan Malaysia HARIANHALUAN.COM - Malaysia menyatakan, kapal-kapal Penjaga Pantai dan Angkatan Laut (AL) Tiongkok menyusup ke perairan Malaysia di Laut China Selatan yang disengketakan sebanyak 89 kali sepanjang 2016 hingga 2019..
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 20:02:54 WIB

    Siap Perangi Iran, Amerika Pamer Kekuatan Militer

    Siap Perangi Iran, Amerika Pamer Kekuatan Militer HARIANHALUAN.COM – Setelah sempat membuka pintu negosiasi, Iran justru mendapat ancaman serius dari Amerika Serikat. Tindakan Negeri Mullah yang terus meningkatkan program nuklirnya membuat Amerika semakin gerah. Pada akh.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]