Jaga Kebersihan! Usia TPA Air Dingin Diprediksi Hanya Bertahan Delapan Tahun Lagi


Selasa, 21 Januari 2020 - 18:10:53 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Tempat Pembuangkan Akhir (TPA) yang terletak di daerah Air Dingin, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang hampir melebihin kapasitasnya dalam menampung sampah. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang memprediksi TPA tersebut akan penuh kapasitasnya pada delapan tahun mendatang.

Kepala DLH Kota Padang, Mairizon mengatakan, hingga saat ini Kota Padang hanya memiliki satu Tempat Pembuangan Akhir (TPA), yakni TPA Air Dingin. TPA tersebut masih muat untuk menampung volume sampah dari masyarakat Kota Padang untuk beberapa tahun ke depan.

"Tapi kalau dibiarkan tanpa pengurangan, delapan tahun lagi akan penuh itu," ujar Mairizon kepada awak media, baru-baru ini.

Mairizon menjelaskan, dalam satu hari masyarakat Kota Padang memproduksi sampah hingga 450 ton per hari dan dibawa langsung ke TPA Air Dingin. Produksi sampah tersebut diperkirakan akan meningkat 5% pada hari raya atau hari libur nasional.

"Secara teoritis seorang manusia bisa menghasilkan 0,60 kilogram sampah. Jika penduduk Kota Padang ada satu juta orang, maka ada 600 ton sampah yang dihasilkan. Tapi setelah kami hitung hanya sekitar 450 ton per hari," ucap Mairizon.

Sejalan dengan itu, Pemko melalui DLH Kota Padang terus berupaya melakukan pengurangan volume sampah dari sumber sampah, yakni bank sampah. Pengurangan volume sampah di bank sampah akan bisa mengurangi volume sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS), dan akhirnya bisa mengurangi volume sampah di TPA Air Dingin.

Keberhasilan Pemko Padang dalam mengatasi sampah di Kota Padang, kata Mairizon, bukan dilihat dari seberapa banyak sampah yang berhasil dikumpulkan di TPA Air Dingin, tapi dari seberapa banyak volume sampah yang berhasil dikurangi.

"Itu sebenarnya indikatornya. Yang bisa didaur ulang sebelum sampai ke TPA," ulas Mairizon.

Untuk itu, DLH Kota Padang berupaya mewujudkan hal tersebut dengan cara menggelar acara adiwiyata, membuat bank sampah, mengadakan sosialisasi kepada masyarakat, dan sebagainya. DLH mengadakan sosialisasi kepada masyarakat di kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Padang untuk bisa melakukan pengurangan sampah. 

"Secara umum, produksi sampah pada tahun 2019 berhasil dikurangi dibandingkan daripada 2018. Dari delapan belas persen target pengurangan sampah pada 2018, bisa tercapai pengurangan 20,1 persen," ujarnya. (*)

loading...
 Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]