Pemkab Pessel Terus Berdayakan Masyarakat di Pinggir Kawasan Hutan


Selasa, 21 Januari 2020 - 19:56:50 WIB
Pemkab Pessel Terus Berdayakan Masyarakat di Pinggir Kawasan Hutan Suasan Rakor peningkatan pemberdayaan masyarakat di sekitar pinggir kawasanhutan. Foto Humas Oemkab Pessel

PAINAN,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengupayakan masyarakat di pinggir kawasan hutan di daerah setempat sejahtera melalui kegiatan pemberdayaan.

"Pemberdayaan masyarakat di pinggir kawasan hutan akan melibatkan lintas perangkat daerah di Pesisir Selatan," kata Asisten II Sekretariat Pemerintah Kabupaten setempat, Mimi Riarty Zainul di Painan, Selasa (21/1).

Kata Asisten II, guna mewujudkan hal tersebut, pihaknya sengaja menggelar rapat koordinasi dengan perangkat daerah dan sejumlah camat.

 Rakor tersebut juga Kepala Bidang Penyuluhan Pembedayaan Masyarakat Hutan Adat (PPMHA) Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Yonefis, SH, MM. Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Bukit  Barisan Bambang Suyono, S.Hut, MM dan Kepala Kesatuan Pegelolaan Hutan Produksi (KPHP) Pesisir Selatan,  Madrianto, S.Hut.

"Rapat koordinasi kami gelar hari ini bertujuan untuk meningkatkan sinergisitas antar instansi," imbuhnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 83 Tahun 2016 Tentang Perhutanan Sosial dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 49 Tahun 2017 Tentang Kerjasama Pemanfaatan Hutan Pada Kesatuan Pengelolaan Hutan.

Selain itu, yang tidak kalah penting, kegiatan juga sejalan dalam upaya mewujudkan visi kepala daerah setempat yakni mewujudkan masyarakat sejahtera.

Kendati demikian dia mengemukakan, bahwa sudah terdapat beberapa kelompok masyarakat di daerah setempat yang telah melakukan hal serupa terutama yang organisasi yang berbadan hukum seperti  BUMNag dan koperasi.

"Diantara dari BUMNag dan koperasi tersebut ada yang mengelola objek wisata, rotan serta pengelolaan hasil hutan bukan kayu lainnya," katanya lagi.

Dalam kesempatan itu,  Mimi Riarty Zainul, berharap pemerintah bersama masyarakat sekitar hutan terus menggali potensi yang bisa dikembangkan, sehingga mereka yang berada di pinggir hutan dapat meningkatakan pendapatan sekaligus menjaga kelestarian hutan.

Kedepan pihaknya akan memperkuat skema kerjasama tersebut dan terus mendorong agar kelompok masyarakat lainnya juga melakukan hal serupa.(dn/hms)

 Editor : Dodi Nj


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 21:07:00 WIB

    Pemkab Pessel Berikan Kemudahan Bagi Investor yang Serius

    PAINAN,HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Pelayanan Perizinan Satu Pintu Kabupaten Pesisir Selatan, memberikan kemudahan bagi investor melakukan penggu.
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 18:54:06 WIB

    Cegah Anggaran Bocor, 41 Bendaharawan Pemkab Pasaman Diberi Pelatihan

    Cegah Anggaran Bocor, 41 Bendaharawan Pemkab Pasaman Diberi Pelatihan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Cegah terjadinya kebocoran anggaran, Pemerintah Kabupaten Pasaman, terus mendorong peningkatan kompetensi dan profesionalitas bendaharawan di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)..
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 18:08:51 WIB

    Pemkab Pessel Wacanakan Tenaga Kesehatan Honorer Berstatus Kontrak

    Pemkab Pessel Wacanakan Tenaga Kesehatan Honorer Berstatus Kontrak PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berencana mengangkat status tenaga medis honorer yang bertugas pada masing-masing Puskesmas dan RSUD di daerah setempat menjadi pegawai kontrak..
  • Senin, 24 Februari 2020 - 16:21:57 WIB

    Pemkab Pessel Usulkan Tambahan 18 Ribu KK untuk PKH 2021

    Pemkab Pessel Usulkan Tambahan 18 Ribu KK  untuk PKH 2021 PAINAN,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, mengusulkan penambahan 18 ribu kepala keluarga asal daerah setempat sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH) pada 2021 mendatang..
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 19:52:25 WIB

    Menuju Kabupaten Layak Anak, Pemkab Pessel Bentuk PATBM

    Menuju Kabupaten Layak Anak, Pemkab Pessel Bentuk PATBM PAINAN, HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, membentuk gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) sebagai upaya menjadikan daerah setempat kabupaten layak anak..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM