Mawardi Roska: Arsip Potret Perjalanan Bangsa


Rabu, 22 Januari 2020 - 00:16:14 WIB
Mawardi Roska: Arsip  Potret Perjalanan Bangsa Mawardi Roska memparkan pentingnya arsip dan pengarsipan. Foto EFRIZAL

PAINAN, HARIANHALUAN,COM- Kepala Dinas Kearsipan dan  Perpustakaan Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska menyampaikan  arsip bukan sekedar kumpulan kertas  atau barang bekas belaka, tetapi adalah potret perjalanan sebuah bangsa yang begitu penting akan diketahui sepanjang masa .

"Maka jangan pernah sepelekan Arsip. Sebab, ia potret perjalanan yang sangat penting pada masa mendatang, "  unjarnya, Selasa (21/1/2020).

 Ia berharap melalui sosialisasi ini , semua pihak termasuk masyarakat agar dapat memahami akan pentingnya pengelolaan dan penyimpanan sebuah arsip.

Ia mengatakan, selama ini sejumlah masyarakat berpikir arsip hanya sekedar kertas bekas semata. Hal itu sangat perlu dirubah ",  katanya .

Menurutnya pengelolaan arsip merupakan bagian dari indikator reformasi birokrasi yang terus diperkuat oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan hingga saat ini."Seperti  tertuang dalam UU No  43 tahun 2009  tentang Kearsipan yaitu ada dua poin penting   tentang arsip  yakni arsip inaktif dan arsif statis .

Pada kesempatan itu Mawardi Roska juga memaparkan proses dan tahapan pengelolaan dan pemilihan jenis serta penentuan pemusnahan arsip. 

"Setiap tahapan akan dilakukan proses Verifikasi dan validasi tentang kearsipan," pungkasnya. (Efz)
 

loading...
Reporter : EFRIZAL /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]