Dari Target Rp25 Miliar Tersalurkan Rp34 Miliar, Penyaluran KUR Bank Nagari Sawahlunto Meningkat


Rabu, 22 Januari 2020 - 11:53:15 WIB
Dari Target Rp25 Miliar Tersalurkan Rp34 Miliar, Penyaluran KUR Bank Nagari Sawahlunto Meningkat Kepala Bank Nagari Sawahlunto, Fauzan. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Sepanjang 2019, Bank Nagari Cabang Sawahlunto mengucurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp34 miliar dari target Rp25 miliar. Untuk 2020 Bank Nagari Sawahlunto mengusulkan KUR sebanyak Rp35 miliar.

Kepala Bank Nagari Sawahlunto, Fauzan mengungkapkan, meningkatnya kucuran KUR dari yang ditargetkan merupakan bentuk komitmen untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat.

"Untuk bunga KUR saat ini sangat kecil, yakni 6 persen, dan untuk administrasinya pun sangat mudah," ujar Fauzan kepada harianhaluan.com, Rabu (22/1/2020).

Untuk modal usaha sebut Fauzan, masyarakat bisa mengajukan pinjaman KUR setelah disurvei ke lapangan untuk meninjau usaha yang akan digeluti calon peminjam. Saat survei lanjutnya petugas akan dapat menentukan besaran pemberian KUR yang bisa direalisasikan, hal ini juga disesuaikan dengan kebutuhan dan kesanggupan pembayaran.

"Usaha perkebunan, home industri, peternakan, transportasi dan lainnya, yang terpenting bisa dilaksanakan dengan baik serta berpeluang untuk berkembang guna meningkatkan ekonomi menuju kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Disinggung perkembangan masyarakat yang didanai KUR, Fauzan menilai sangat baik, terbukti dengan tingkat pengembalian oleh penerima KUR kepada bank yang sangat tinggi, dengan kata lain tunggakan kredit sangat kecil.

"Meski ada yang telat bayar sedikit itu sudah biasa, sedikit sekali," katanya. (h/rki)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]