Ponsel Bos Amazon Jeff Bezos Dibajak Pangeran Saudi, Apa Buktinya


Kamis, 23 Januari 2020 - 11:54:19 WIB
Ponsel Bos Amazon Jeff Bezos Dibajak Pangeran Saudi, Apa Buktinya Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammad bin Salman.

ARAB SAUDI, HARIANHALUAN.COM - Pakar-pakar HAM PBB meminta penyelidikan segera atas dugaan pembajakan data ponsel bos Amazon Jeff Bezos oleh Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohamad bin Salman alias MBS. Mereka juga meminta agar Mohamad bin Salman juga diselidiki atas dugaan tindakan menargetkan lawan-lawan politiknya, dicukil dari BBC.

Diketahui bahwa nomor pribadi yang biasa digunakan oleh Pangeran MBS terdeteksi masuk ke nomor telepon Bezos yang menyebabkan tak lama kemudian data telepon Jeff Bezos kemudian diretas dan bocor.

Sementara Kerajaan Arab Saudi menyatakan bahwa tuduhan tersebut sangat absurd dan tak berdasar.

Namun pakar independen PBB Agnes Callamard yang merupakan utusan khusus penyelidikan pembunuhan ekstrayudisial dan kemudian David Kaye, utusan khusus dalam hal kebebasan berpendapat menilai bahwa Pangeran MBS sangat mampu dan mungkin melakukan hal tersebut.

Diketahui bahwa hubungan Kerajaan Arab Saudi dengan Jeff Bezos yang juga pemilik saham Washington Post itu memburuk setelah pembunuhan kolumnis koran asal Saudi Jamal Khashoggi. Jurnalis asal Saudi yang bekerja untuk Washington Post diketahui memang getol mengkritik Saudi. Dia dibunuh di kompleks Konsulat Saudi tahun 2018.

Menurut koran Inggris the Guardian, data ponsel Bezos dibajak setelah dia menerima semacam pesan WhatsApp pada Mei 2018 yang berasal dari nomor ponsel Pangeran MBS. Hasil investigasi data menunjukkan bahwa setelah itu terjadi transfer data yang sangat besar setelah Jeff Bezos mendapatkan video terenkripsi. (h/vva)

 

 Sumber : vivanews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 07 Januari 2019 - 18:08:18 WIB

    Dua Terduga Pencuri Ponsel Diciduk Polresta Padang

    Dua Terduga Pencuri Ponsel Diciduk Polresta Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM-Tim Unit VI Opsnal Satreskrim Polresta Padang, mengamankan dua pelaku pencurian Hanphone (HP). Penangkapan tersebut terjadi di dua lokasi berbeda di Padang, Minggu (6/1)..
  • Rabu, 07 September 2016 - 17:45:12 WIB

    Pencuri Ponsel: Jenggot Saya Bukan Modus, Tapi Sunah Rasul

    Pencuri Ponsel: Jenggot Saya Bukan Modus, Tapi Sunah Rasul PADANG, HALUAN – Tersangka kasus pencurian tiga unit telepon seluler (ponsel) merk iphone seri terbaru senilai Rp25 juta, Ahmad Fuad (31), kembali menjalani sidang dengan agenda keterangan dari saksi korban, Ricky Ibrahim. .
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 20:51:20 WIB

    Dijambret Saat Gunakan Ponsel di Tempat Umum, Seorang Gadis Rugi Jutaan Rupiah

    Dijambret Saat Gunakan Ponsel di Tempat Umum, Seorang Gadis Rugi Jutaan Rupiah PADANG, HALUAN - Kejahatan jalanan memang menjadi suatu fenomena yang biasa terjadi di belakangan ini. Seperti yang dialami Firra Rahmayeni (18) yang merupakan siswa Sekolah Menengah Atas. Saat melintas jalan menuju Halte Tra.
  • Rabu, 21 Januari 2015 - 19:05:27 WIB

    Akhir 2015 Importir Ponsel Wajib Bikin Pabrik

    JAKARTA, HALUAN — Untuk menekan angka impor ponsel, Kementerian Perindustrian bakal segera merealisasikan Peraturan Menteri Perdagangan No. 82 tahun 2012 tentang Ketentuan Impor Telepon Seluler. Dalam at.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM