Irfendi Arbi Ingatkan Luak Limopuluah Masih Rawan Bencana


Kamis, 23 Januari 2020 - 12:29:34 WIB
Irfendi Arbi Ingatkan Luak Limopuluah Masih Rawan Bencana Memeriksa pasukan dalam apel tanggap bencana, Bupati Irfendi serahkan peralatan tanggap bencana di Medan Nan Bapaneh Payakumbuh.

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Meski kejadian bencana alam di Kabupaten Limapuluh Kota menunjukan penurunan, namun daerah ini masih terbilang rawan bencana. Menyikapi kondisi ini, semua pihak terkait harus tetap waspada.

Hal itu ditegaskan Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi selaku pemimpin Apel Tanggap Bencana yang diikuti Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dengan Pemerintah Kota Payakumbuh, TNI/Polri, Basarnas dan berbagai pihak terkait dari dua daerah yang bertetangga tersebut di lapangan parkir Ngalau Indah Payakumbuh, Kamis (23/1/2020).

“Potensi bencana seperti banjir, longsor dan angin putting beliung masih ada di Kabupaten Limapuluh Kota, maupun Kota Payakumbuh (Luak Limopuluah). Menyikapi ini, mari kita tingkatkan kebersamaan dalam penanggulangan kebencanaan tersebut,” ungkap Irfendi.

Dikatakan, pemerintah wajib melaksanakan pelayanan dasar bagi masyarakat, termasuk dalam urusan bencana. Standar pelayanan minimal urusan bencana itu antara lain pelayanan informasi rawan bencana, pelayanan pencegahan dan kesiagaan terhadap bencana, serta pelayanan penyelamatan dan evakuasi korban bencana.

 “Selaku garda terdepan dalam urusan penanggulangan bencana, mari kita hadirkan negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman bagi seluruh warga negara,” tutur Irfendi Arbi

Lebih jauh Irfendi berharap setiap Tim Reaksi Cepat (TRC) setiap OPD termasuk TNI/Polri agar bisa lebih profesional sesuai moto Tanggap, Tangkas dan Tangguh. Sehingga pelayanan masyarakat dalam urusan penanggulangan benacana semakin prima.

“Seharurusnya, kita saling bahu membahu dalam penanggulangan bencana sesuai dengan tugas dan fungsi serta SOP masing-masing. Tak kalah pentingnya komitmen kita untuk kesiap siagaan personil dan logistik saat terjadi bencana, sdehingga negara benar-benar hadir sebelum, saat dan sesudah bencana,” papar Irfendi lagi.

Sebelumnya Bupati Irfendi Arbi, kepada wartawan juga menyebut, apel bersama juga bertujuan untuk mengecek langsung kesiapan dan ketanggapan  dalam mengatasi bencana termasuk kesiapan personil. Selain itu juga buat meningkatkan koordinasi antar pihak terkait agar semakin kuat dan tangguh dalam menghadapi bencana seperti banjir, longsor dan angin kencang yang berpotensi terjadi di Luak Limopuluah ini.

“Untuk meminimalisir bencana, kita juga berharap adanya penyebarluasan pengetahuan tentang kebencanaan kepada masyarakat dan terciptanya jaringan komunikasi sebagai upaya koordinasi dalam rangka pengurangan resiko bencana,” ucap Irfendi.

“Ayo kita samakan persepsi agar tidak terjadi bencana dan kerugian yang lebih besar,” ingatnya.

Dalam apel bersama yang diikuti ratusan orang dari dua daerah yang bertetangga itu, Bupati Irfendi Arbi juga melakukan pemeriksaan pasukan serta penyerahan peralatan tanggap bencana kepada personil TNI/Polri. Ikut hadir dalam acara itu Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunas, Kapolres Kabupaten Limapuluh Kota dan Kapolres Kota Payakumbuh serta para kepala OPD di Luak Limo Puluah. (h/zkf)

Reporter : Zulkifli /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 19:50:18 WIB

    Dukung Pemasaran Produk UMKM Limapuluh Kota, Bupati Irfendi Arbi Promosi ke Gubri

    Dukung Pemasaran Produk UMKM Limapuluh Kota,  Bupati Irfendi Arbi Promosi ke Gubri PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM-- Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Limapuluh Kota, terkendala dalam memasarka produk daerah.  Menyadari hal itu, Pemkab Limapuluh Kota, berupaya mengikuti berbagai pamera.
  • Selasa, 31 Desember 2019 - 22:45:18 WIB

    Bupati Irfendi Serahkan Bantuan Bencana Alam Banjir dan Alsintan

    Bupati Irfendi Serahkan Bantuan Bencana Alam Banjir dan Alsintan LIMAPULUH KOTA, HALUAN.COM- Bupati Limapuluh Kota, H.Irfendi Arbi, menyerahkan bantuan untuk warga pemilik lahan sawah tani yang terkena dampak banjir dan longsor di Kabupaten Limapuluh Kota. Bantuan itu, diserahkan dirumah d.
  • Kamis, 12 Desember 2019 - 21:07:44 WIB

     Irfendi Arbi Serahkan Bantuan pada  Korban Banjir

     Irfendi Arbi Serahkan Bantuan pada  Korban Banjir LIMAPULUH KOTA,HARIANHALUAN.COM-Pasca banjir yang terjadi di Jorong Padang Balimbing, Nagari Bukik Sikumpa, sejak Senin (9/12) lalu. 24 KK terpaksa mengungsi di posko bencana yang disediakan pihak BPBD Limapuluh Kota..
  • Selasa, 29 Oktober 2019 - 17:17:30 WIB

    Bupati Irfendi Arbi Matangkan Persiapan Ajak Suskeskan TdS

    Bupati Irfendi Arbi Matangkan Persiapan Ajak Suskeskan TdS LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM --  Persiapan Tour de Singkarak (TdS) 2019 di Kabupaten Limapuluh Kota terus di matangkan. Bupati setempat berharap, alek berkelas internasional itu berjalan aman, lancar dan benar-benar dima.
  • Jumat, 17 November 2017 - 11:34:56 WIB

    Irfendi Arbi: Honor Guru Mengaji Harus Diperhatikan

    Irfendi Arbi: Honor Guru Mengaji Harus Diperhatikan LIMAPULUH KOTA, HALUAN - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menegaskan, guru mengaji merupakan pekerjaan yang mulia dan bernilai ibadah. Namun tak jarang mereka melaksanakan pengajaran tulis baca Alquran dengan honor yang ku.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM