Kepala BkkbN Sumbar : Tahun Ini Targetnya dapat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi


Kamis, 23 Januari 2020 - 18:09:23 WIB
Kepala BkkbN Sumbar : Tahun Ini Targetnya dapat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi Kepala Perwakilan (Kaper) BkkbN Sumbar, Etna Estelita foto bersama pegawai di lingkup Bkkbn Sumbar.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- BkkbN Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan penandatanganan Kontrak Kerja dan Pakta Integritas bagi Pejabat Administrator, Pengawas dan Seluruh staf BkkbN, Kamis (23/1/2020).

Kepala Perwakilan (Kaper) BkkbN Sumbar, Etna Estelita mengatakan dengan penandatanganan tersebut, BkkbN Sumbar tahun ini ditargetkan mendapatkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK).

"Dalam kontrak kinerja ini ada tandatangan kontrak BkkbN Sumbar dengan pusat tentanh zona integritas wilayah bebas dari korupsi. Untuk Sumbar kita targetkan Zi WKB harus didapatkan tahun ini. Langkah awal untuk memulainya, pejabat dan staf harus ditandatangani pakta integritas untuk menuju wilayah bebas korupsi yang salah satu bentuknya kontrak kinerja," ungkap Etna yang baru saja dilantik menjadi Kaper BkkbN 13 Januari lalu.

Lebih lanjut, jelas Etna, dari 61 satuan kerja (satker) bkkbn baru 2 wilayah yang dapat ZI WBK, yaitu Bangka Belitung (babel) dan jatim yang keduanya sama-sama dikepalai oleh orang asli Sumbar.

ZI WBK merupakan sebutan/prediket yang diberikan kepada lembaga dan Pemda yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas layanan publik.

Etna menambahkan, penandatangan pakta integritas ini bertujuan agar pejabat dan staf BkkbN mengetahui tugas dan tanggungjawab masing-masing.

"Tujuannya supaya tau apa yang dikerjakan dan tanggungjawab nya sampai dimana. Harapannya mereka tau apa yang dikerjakan sesuai tupoksi masing-masing.

Sehingga dapat membuat langkah-langkah kerja seperti apa, inputnya apa, sasarannya apa, bagaimana prosesnya, outputnya apa. Karena anggaran sekarang berbasis output. Apa yang dikerjakan berbasis output," jelas Etna.

Selain itu, penandatanganan pakta integritas juga bertujuan untuk percepatan sasaran program. 

"Kalau target yang dituju sudah sesuai dengan anggaran yang ada, tidak perlu direvisi sehingga memudahkan untuk efisiensi dan percepatan program," sambung Etna.

Etna menegaskan agar pejabat dan staf bkkbn mampu menjaga nama baik inatansi didalam maupun diluar lingkup kantor yang menjadi salah satu penilaian ZI WBK.

"Pejabat-pejabat dan pemimpin disini, menjadi role model dan contoh bagi seluruh karyawan, karena mereka menjadi bagian perwajahan bkkbn sumbar. Kita pesankan kepada seluruh pejabat dan staf, didalam maupun diluar lingkup kantor bkkbn harus bisa menjaga sikap, ucapan. Kalau ada yang rusak tidak dapat ZI WBK," kata Etna.

Adapun poin pakta integritas tersebut antara lain pertama, berperan secara Pro Aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela.

Kedua, tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan atau bentuk lainnya yang tidak sesuai ketentuan yang berlaku.

Ketiga, bersikap transparan, jujur, objektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas. Keempat, menghindari benturan kepentingan (conflict of interest) dalam pelaksanaan tugas.

Kelima, memberikan contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang - undangan dalam melaksanakan tugas, terutama kepada karyawan yang berada dibawah pengawasan saya dan sesama pegawai di lingkungan kerja saya secara konsisten.

Dan keenam, akan menyampaikan informasi penyimpangan integritas di Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkan. (h/mg-yes)

Reporter : Yessy /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]