Tipu Warga dengan Modus Uang Miliaran Rupiah, Genius Umar Minta IMD Dibubarkan


Kamis, 23 Januari 2020 - 19:48:55 WIB
Tipu Warga dengan Modus Uang Miliaran Rupiah, Genius Umar Minta IMD Dibubarkan Spanduk pencairan dana IMD dengan modus uang miliarn rupiah.

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Diduga melakukan penipuan dengan iming-iming masyarakat uang Rp3 miliar setiap bulan, dengan menyetorkan uang Rp1.750.000, organisasi Indonesia Mercusuar Dunia (IMD) diminta tidak melakukan aktivitas di Pariaman.

Kejadian itu berawal dari laporan masyarakat, bahwa ada satu organisasi yang diduga melakukan modus penipuan yang berkembang di Desa Sikapak Timur dan cukup meresahkan masyarakat setempat. 

Diketahui, IMD yang dipimpin oleh warga Kerawang Bekasi bernama Djuanda, SE, SH, (50) dengan suku jawa. Sedangkan untuk pimpinan di Desa Sikapak Timur diketuai oleh Tuangku Ayattudin warga Desa Sikapak Timur yang berdomisili di Kabupaten Padang Pariaman.

"Saya pikir ini semacam organisasi penipuan untuk masyarakat yang modusnya adalah dengan cara mengumpulkan masyarakat untuk mensosialisasikan organisasi mereka, dan masyarakat yang menjadi anggota mereka wajib menyetor uang pendaftaran sebanyak Rp.1.750.000- per orangnya, dengan iming-iming nanti akan menerima dana sebesar sampai dengan Rp3 miliar perorang," kata Walikota Pariaman Genius Umar, usai sidak ke Desa Sikapak Timur, Kota Pariaman, Kamis (23/1/2020) pagi.

Lebih lanjut, Genius menyampaikan, setelah dilakukan pengecekan ke Kesbangpol Kota Pariaman. Ternyata organisasi tersebut tidak terdaftar, maka Walikota meminta untuk membubarkannya. Karena meresahkan masyarakat.

"Karena tidak terdaftar, saya minta oganisasi yang meresahkan masyarakat ini dibubarkan, dan kepada Tuangku Ayattudin selaku Ketua Organisasi IMD yang ada di Desa Sikapak Timur ini agar diberikan pembinaan oleh Kesbangpol dan juga aparat hukum terkait supaya tidak terlalu jauh melakukan kesalahan terhadap dirinya sendiri dan juga masyarakat," katanya.

Walikota juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak termakan dengan bujuk rayu organisasi ini dan tidak mudah tertipu dengan iming-iming uang. Lebih baik manfaatkan sumber daya alam yang ada di desa ini untuk meningkatkan nilai eknomi masyarakat dan terasa berkahnya bagi keluarga masing-masing.

"Saya yakin dan percaya masyarakat Desa Sikapak Timur ini cerdas semua dalam menyikapi permasalahan yang ada, terbukti dengan tidak ada masyarakat desa ini yang ikut menjadi anggota organisasi IMD yang diketuai oleh Ayattudin ini," ujarnya.

Sementara, Ayatudin mengaku direkrut oleh Zainal yang tinggal di Padang Alai Kabupaten Padang Pariaman. Ia menyampaikan tujuan organisasi adalah untuk membantu masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk mengambil hak mereka berupa uang dan membantu pemerintah untuk melunasi hutang negara.

"Dengan syarat semua anggota harus terlebih dahulu menyetor uang pendaftaran masing-masing sebesar Rp.1.750.000. Kemudian menurutnya pada tanggal 30 Maret 2020 semua anggota yang sudah menyetor dana akan menerima hak mereka masing-masing sampai dengan jumlah sebesar Rp3 miliar, yang dananya bersumber dari Bank UBS yang ada di Negara Swiss," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikanya, anggota IMD dibawah koordinasi Ayattudin ini sudah terdaftar 80 orang dan 50 orang peserta telah menyetorkan dana untuk persyaratan penerima hak yang dijanjikan.

"Mayoritas peserta yang direkrut tersebut adalah warga Kabupaten Padang Pariaman," katanya. (h/hen).

Reporter : Yuhendra /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 09 Juli 2016 - 14:10:31 WIB

    Kapolsek Batipuah Imbau Pemuda Tidak Larut Dalam Perayaan Lebaran

    Kapolsek Batipuah Imbau Pemuda Tidak Larut Dalam Perayaan Lebaran TANAHDATAR, HALUAN – Kapolsek Batipuah AKP Alizar Jhon Dt Kali Batuah mengimbau generasi muda untuk tidak larut dengan hiburan dan kegiatan yang bertentangan dengan hukum maupun agama saat memeriahkan Lebaran 1437 H..
  • Kamis, 31 Maret 2016 - 03:50:54 WIB

    Zuldafri Darma Hadiri Musrenbang Batipuh

    BATIPUH, HALUAN — Mus­renbang merupakan momen penting dalam mewujudkan kegiatan pembangunan yang direncanakan, dilaksanakan dan dimanfaatkan secara ber­sama-sama oleh semua la­pisan warga..
  • Kamis, 31 Maret 2016 - 03:50:34 WIB

    Dasawisma Batipuah Selatan Dinilai Tim Provinsi

    BATIPUAH SELATAN, HALUAN — Kelompok Dasawisma Melati 1 Jorong Tibalau Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuah Selatan dinilai tim Provinsi Sumatera Barat yang diketuai Ny Wati Nasrul Abit, Rabu (23/3 di kantor jorong setempat..
  • Kamis, 10 Desember 2015 - 02:53:16 WIB
    Kejuaraan Pencak Silat Antar Pelajar

    Siswa SMAN 1 Batipuh Raih Perunggu

    Tanah Datar, Haluan — Kepala SMAN I Batipuh, Drs Irfan menyampaikan aspresiasinya atas keber­ha­silan pasangan ganda putra siswa SMAN 1 Batipuh jua­ra III dan berhasil meraih medali perunggu dalam ke­juaraan pencak sil.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]