Objek Wisata Alam Sungai Dadok Berpotensi Dikembangkan


Kamis, 23 Januari 2020 - 20:50:54 WIB
Objek Wisata Alam Sungai Dadok Berpotensi Dikembangkan Objek wisata alam lokal yang dikembangkan pemerintahan Nagari Koto Tinggi bersama anak nagari setempat. zulkifli

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM—Dana desa/nagari yang tersedia di nagari telah mampu membuat pemerintahan nagari bersama perangkatnya untuk mengembangkan objek wisata, termasuk Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh. Objek wisata tersebut berlokasi diantara Jorong Pua Data dan Sungai Dadok.

 "Objek wisata yang berpotensi dikembangkan itu, objek wisata alam yang berada di pinggiran sungai batang Sinamar  yang dilatar belakang perbukitan di sekitar lokasi objek wisata. Lagipula lokasinya mempunyai alam yang indah, sejuk dan bisa menjadi tempat beristirahat sambil menikmati alam.

Untuk menarik minat pengunjung di lokasi tersebut, yang berada di dekat jembatan dilengkapi dengan sejumlah kopel dipinggiran batang Sinamar. Para pengunjung yang berwisata ke Koto Tinggi, sangat diharapkan mampir di Objek wisata atau terus ke objek wisata “Kampuang Sarugo”.di Sungai Dadok

Anggota DPRD Limapuluh Kota, Khairul Apid, asal Pandam Gadang menjawan wartawan kemarin menuturkan, objek wisata tersebut, merupakan alternatif Pemerintahan Nagari Koto Tinggi, bersama Jorong Pua Data dan Jorong Sungai Dadok. Selain memiliki objek wisata lokal. Daerah itu juga sebagai penghasil Jeruk Siam Gunung Omeh (Jesigo).

dikatakan, pengunjung sambil menikmati wisata alam sekaligus memetik buah jeruk untuk dikonsumsi ditempat atau agro wisata. Inovasi yang dilakukan berbagai pihak itu, diharapkan mampu lebih meningkatkan ekonomi masyarakat. Lagipula tengah disiapkan pembangunan museum PDRI di Koto Tinggi yang diharapkan nanti akan menyerap pengunjung, ulasnya.

“Kita berharap objek wisata alam, objek wisata budaya, sejarah wisata agro diharapkan mampu meraih peminat berkunjung ke Koto Tinggi,”paparnya.

Ia mengatakan, nagari yang telah mampu mengembangkan pariwisata alam lokal tersebut, diminta untuk menjadikan objek wisata yang dikembangkan dikelola Badan Usaha Milik Nagari (BUMNAG) agar pemerintahan daerah terendah itu memiliki pendapatan dari hasil objek wisata, sebutnya.

Pamtauan Haluan kelokasi objek wisata lokal di Sungai Dadok, Kamis 23 Januari 2020, melihat objek wisata tersebut berpotensi untuk dikembangkan, karena alamnya indah dilatarbelakangi perbukitan hijau ditambah hamparan sawah yang cukup luas, dilengkapi sebuah jembata. Lagipula pada jorong Sungai Dadok juga penghasil Jesigo. (h/zkf)

Reporter : Zulkifli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM