Belum Menghasilkan, Fajar: Startup Harus 'Bakar' Duit Dulu 


Kamis, 23 Januari 2020 - 22:30:22 WIB
Belum Menghasilkan, Fajar: Startup Harus 'Bakar' Duit Dulu  ilustrasi Starup

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Dibanding bakar duit, perusahaan rintisan (startup) akan mulai mencari keuntungan pada 2020.Namun, yang belum menghasilkan harus 'bakar' duit dulu.

"Prediksi saya, itu kelihatan [startup mulai cari keuntungan] mungkin untuk investasi jangka panjang. Namun, yang belum menghasilkan harus bakar duit dulu tapi jangan terus-terusan," kata Deputi Akses Permodalan Kemenparekraf startup Faja Hutomo usai acara Digitaraya Impact 2020 di Jakarta, Kamis (23/1).

Untuk mencari keuntungan itu kata Fadjar, para pelaku startup mesti membuat portfolio lain misal merambah ke bisnis kuliner dan lainnya agar menghasilkan pendapatan yang diinginkan.

Kemenparekraf pun melihat tantangan cukup besar bagi startup "kecil" sepanjang tahun ini.

"Kalau mereka [pelaku startup besar] terus-terusan bakar duit, yang kecil tidak hidup dong? Jadi tidak adil. Hal ini jadi tantangan bagi startup kecil," pungkas Fadjar.

Sebelumnya, startup berbagi ruang kantor (coworking space) Wework sempat menghadapi permasalahan keuangan, ditambah gaya hidup pendiri Wework Adam Neumann yang konsumtif hingga 'mengganggu' tata kelola perusahaan.

Perusahaan bahkan gagal melantai di bursa saham atau IPO karena dianggap menggelembungkan nilai aset mencapai US$9 miliar atau jauh lebih besar dari data sebenarnya.

Bahkan perusahaan telah memecat 2.400 karyawan mereka di seluruh dunia.

Oleh karena itu, Softbank mengambil kepemilikan mayoritas WeWork sebagai bagian dari kesepakatan untuk menyuntik modal US$5 miliar ke perusahaan. Kebijakan tersebut diambil setelah WeWork urung melantai di bursa saham.(*)

 Sumber : CnnIndonesia /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 13 Januari 2020 - 08:15:27 WIB

    Sudah Punya Asuransi Banjir? Belum Tentu Sudah Aman Lho

    Sudah Punya Asuransi Banjir? Belum Tentu Sudah Aman Lho JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kaget kaaaan baca judulnya? Betuuuuulll sekali. Kamu kena kebanjiran dan berpikir aman-aman saja karena merasa sudah punya asuransi all risk, baik untuk rumah ataupun kendaraan kamu?.
  • Ahad, 05 Januari 2020 - 17:57:14 WIB

    Panen Belum Merata, Harga Jesigo Fluktuatif

    Panen Belum Merata, Harga Jesigo Fluktuatif LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Harga Jesigo (Jeruk Siam Gunung Omeh di Nagari Koto Tnggi, Limapuluh Kota fluktuasi disebakan panen jetuk belum merata. Produksi jeruk ukuran super di nagari penghasil jeruk tersebut sulit m.
  • Selasa, 24 Desember 2019 - 17:50:09 WIB

    Petisi untuk Sri Mulyani: Berpikirlah Sebelum Bertindak

    Petisi untuk Sri Mulyani: Berpikirlah Sebelum Bertindak JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani mendapatkan petisi karena kebijakannya menurunkan batas minimal barang impor yang terkena bea masuk dari US$75 menjadi US$3 atau Rp42 ribu sekali kirim. Petisi digalang.
  • Kamis, 12 Desember 2019 - 10:35:59 WIB

    Lho? Erick Thohir Sebut Rudiantara Belum Diputus Jadi Bos PLN

    Lho? Erick Thohir Sebut Rudiantara Belum Diputus Jadi Bos PLN JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri BUMN Erick Thohir memastikan Rudiantara belum ditetapkan menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero). Rudiantara hanya 'baru' masuk bursa bos perusahaan setrum listrik negara..
  • Selasa, 04 April 2017 - 17:06:08 WIB

    Cicilan KTA Hampir Lunas ? Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Top Up KTA

    Cicilan KTA Hampir Lunas ? Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Top Up KTA Pengajuan KTA yang semakin mudah karena kepemilikan kartu kredit menjadi hal yang lumrah bila dibandigkan dengan kebutuhan dana yang terus mengalir. Pengajuan KTA melalui berbagai situs atau portal keuangan menjadi hal yang t.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM