Masih Ingat dengan Arya Permana? Begini Perubahannya Sekarang


Jumat, 24 Januari 2020 - 04:33:55 WIB
Masih Ingat dengan Arya Permana? Begini Perubahannya Sekarang Arya Permana, bocah obesitas yang berhasil menurunkan berat badannya.

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Arya Permana, bocah berusia 15 tahun asal Karawang, Jawa Barat, berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 109 kilogram selama tiga tahun. Mulanya, dia memiliki bobot 192 kilogram kini menjadi 83 kilogram.

"Kurang lebih tiga tahun (prosesnya)," kata Arya Permana, saat ditemui di kawasan Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (23/1).

Baca Juga : 'Varian Raja' dari Afsel, Corona B1351 Harus Lebih Diwaspadai dari B117

Dalam menurunkan berat badannya itu, Arya Permana dibantu oleh binaragawan, Ade Rai, sejak pertengahan 2016. Katanya, Ade Rai datang ke Rumah Sakit Hasan Sadikin dan berpesan jika main ke daerah Bandung, Jawa Barat, untuk singgah ke tempat ruang olahraganya

"Enggak ada obrolan kayak gitu (soal berat badan), cuma kalau main ke Bandung disuruh main ke gym-nya doang," ujar Arya Permana.

Baca Juga : Ibu Hamil tak Direkomendasikan Vaksinasi Covid-19, Ini Penjelasan PP POGI

Selepas dirawat karena obesitas di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Arya Permana pun mencoba datang ke Bandung sesuai pesan Ade Rai untuk berolahraga. Di sana, ia dituntun Ade Rai langsung.

"(Pertama-tama) diajarin yang ringan-ringan. Angkat kabel, push up di tembok," ucap Arya Permana.

Baca Juga : Ada Beberapa Varian Mutasi Corona Baru yang Ditemukan, Apa saja?

Arya Permana mengaku menjalani hal itu tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Ia hanya mengingat pesan Ade Rai yang ada di benaknya. "Kata Om Ade, kalau olahraga jangan dijadikan paksaan," ungkapnya.

Selain berolahraga, selama tiga tahun, yang ia lakukan hanyalah menjalankan pola hidup sehat dengan mengurangi konsumsi makan makanan yang mengandung gula dan minyak. Orangtua pun mendukung Arya melalui masakan yang disediakan, seperti ayam bakar pada bagian dada.

Baca Juga : Tak Perlu Heboh Jika Sakit Kepala Pasca Divaksin, Atasi dengan Cara Ini

"Orangtua (hanya) siapkan makanan yang nggak digoreng. Kayak ayam bakar, tapi ayam bakarnya dada, karena kan dada sedikit lemak," ungkap Arya Permana.

"Kalau dulu kan sedikit-sedikit masih lapar, tapi sekarang sudah kebiasaan (makan secukupnya)," ucapnya.

Arya Permana mengaku, sama sekali tidak mengonsumsi obat-obatan diet atau apapun, bahkan puasa makan. Sekarang, ia sangat senang lantaran bisa bergerak secara leluasa. Dulu, kata Arya, dirinya hanya berbaring di atas tempat tidur dan bermain game setiap hari.

"Sekarang sudah bisa main bola bareng teman-teman," ucapnya dengan sedikit tertawa.

Berat badan Arya Permana sebelumnya mencapai 192 kilogram dan dinobatkan sebagai bocah tergendut se-Indonesia. 

Menurut cerita kedua orangtuanya, kegemukan Arya terjadi karena kebiasaannya yang gemar memakan mie instan di malam hari dan selalu minum es teh manis setiap kali sedang bermain video game. (*)

Editor : Agoes Embun | Sumber : Suara.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]