Jangan Panik! Lakukan Ini agar Terhindar dari Virus Corona


Jumat, 24 Januari 2020 - 08:53:13 WIB
Jangan Panik! Lakukan Ini agar Terhindar dari Virus Corona Virus corona sedang mewabah di Wuhan, China, yang membuat sejumlah negara lain turut waspada. FOTO/ Ist

HEATLH-HARIANHALUAN.COM- Dunia dihebohkan dengan virus corona yang kini mewabah di Wuhan, China. Seperti dilansir dari The Sun, Kepala NHS telah memperingatkan bahwa Virus, yang menyebabkan demam dan kesulitan bernafas, bisa mencapai Inggris ketika menyebar ke Asia.

Itu terjadi ketika korban keempat dilaporkan meninggal di provinsi Wuhan di China, virus itu dikhawatirkan telah menyebar ke Australia dan saat ini seorang turis Inggris sedang berjuang untuk hidupnya di Thailand.

Imbasnya, beberapa negara mulai khawatir dengan virus tersebut yang penyebarannya dari manusia ke manusia.

Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar, dr Wachyudi Muchsin, mengatakan virus corona memiliki kesamaan dengan penyakit pneumonia.

“Gejala umum dari pneumonia adalah demam, batuk, dan sukar bernafas. Jika merasakan gejala penyakit seperti ini agar segera berobat ke puskesmas, rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat,” ujarnya, dalam keterangan persnya  Kamis (23/1/2020).


Yudi-sapaan karibnya, memiliki memiliki tips untuk menghindari virus corona. Salah satunya dengan memberlakukan pola hidup sehat.

“Makan makanan yang bergizi, menu seimbang, cukup buah sayur, melakukan aktivitas fisik minimal setengah jam setiap hari, cukup istirahat, dan segera berobat jika sakit,” terang dia.

Ia juga menyarankan masyarakat Makassar yang hendak liburan ke China agar lebih berhati-hati dan memerhatikan kondisi terkini virus corona di negara tersebut.

“Sebaiknya juga berkonsultasi dengan Dinas Kesehatan atau Kantor Kesehatan Pelabuhan setempat. Bagi masyarakat Makassar yang selama di Tiongkok (China) nanti agar menghindari berkunjung ke pasar ikan atau tempat penjualan hewan hidup,” ucap dia.

Ia juga menghimbau jika di perjalanan berinteraksi dengan seseorang yang gejalanya mengarah pada terinfeksi virus corona, maka segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

“Jika setelah kembali ke Indonesia menunjukkan gejala demam, batuk, dan sukar bernafas agar segera berobat,” terangnya.

Seperti diketahui, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan thermal scan di 135 pintu masuk negara, di bawah koordinasi 44 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di pintu masuk udara, laut, dan darat. (*)

 Sumber : Sindo /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM