Nasrul Abit dan Mahyeldi Saling 'Lempar' di Masjid Muhammadan, Ada Apa?


Sabtu, 25 Januari 2020 - 23:01:37 WIB
Nasrul Abit dan Mahyeldi Saling 'Lempar' di Masjid Muhammadan, Ada Apa? Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit bersama Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah ambil bagian saat tradisi Serak Gula dari atas atap Masjid Muhammadan di Jalan Batipuh, Pasa Gadang, Padang Selatan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dengan Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah terlibat 'lempar-lemparan'. Keduanya tampak beraksi saling 'lempar' di atas Masjid Muhammadan, Jalan Batipuh, Pasa Gadang, Padang Selatan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Tetapi aksi tersebut bukan 'lempar' dalam arti sesungguhnya. Aksi kedua kepala daerah itu adalah bagian dari tradisi Serak Gulo atau Lempar Gula dalam bahasa Indonesianya. Tradisi ini dalam rangka memperingati wafatnya ulama di Nagore, India, yakni Shaul Hamid. Dia adalah orang yang sudah berjuang untuk menegakkan Islam di India.

Pantauan HarianHaluan.com, Nasrul Abit bersama Mahyeldi ambil bagian melempar gula dari atas atap Masjid Muhammadan. Nasrul Abit tampil dengan kemeja biru dilengkapi topi flatcap. Sedangkan, Mahyeldi dibalut dengan busana batik dan menggunakan peci hitam.

Kehadiran dua pimpinan daerah itu disambut riuh dari ribuan masyarakat Kota Padang dan wisatawan yang sudah menanti acara tersebut sejak siang hari.

Keduanya pun sempat saling 'lempar' saat ikut serta dalam tradisi Serak Gulo. Nasrul Abit dan Mahyeldi terlihat tertawa lebar sebagai tanda keharmonisan diantara mereka.

"Ini tradisi budaya masyarakat turunan India yang ada di Padang yang perlu dilestarikan. Dan budaya Serak gulo ini telah menjadi kekuatan potensi budaya dan wisata di Kota Padang Sumatera Barat. Ada silaturrahmi kebersamaan untuk berbagi sesama merasakan manisnya gula," ujar Nasrul Abit.

Lebih lanjut, kata Nasrul Abit, keanekaragama budaya dan etnis merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kota Padang. Dia mengajak masyarakat agar menjaga keberagaman ini dalam nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kebersamaan memajukan pembangunan di Sumatera Barat.

"Selamat merayakan budaya Hari Serak Gula, semoga selalu membawa kebaikan dan kebersamaan di Kota Padang," ajak Nasrul Abit.

Sementara itu, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, tradisi Serak Gula menjadi kekayaan budaya Kota Padang. Sebuah tradisi dari warga keturunan India yang saat ini satu-satunya di dunia. Tradisi Serak Gula adalah khazanah budaya yang harus dipelihara.

"Adanya tradisi ini menunjukkan keberagaman di Kota Padang," kata Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, bertahannya tradisi Serak Gula tidak lain karena eksistensi masyarakat keturunan India di Kota Padang. Umumnya, etnik India yang sudah membaur itu berdomisili di kawasan Pasa Gadang.

"Agenda ini merupakan salah satu event pariwisata di Kota Padang. Saya minta agar Jalan Pasar Batipuh diganti menjadi Jalan Little India," tukas Mahyeldi. (*)

 Editor : Milna


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 13 Januari 2020 - 13:25:39 WIB

    Puas Santap Ikan Karang, Nasrul Abit Bernyanyi Bersama Pengamen

    Puas Santap Ikan Karang, Nasrul Abit Bernyanyi Bersama Pengamen PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyempatkan diri mengajak makan siang bersama awak media yang bertugas di lingkungan Pemprov Sumbar, Senin (13/1/2020). Tak sendiri, Nasrul Abit turut memboyong .
  • Senin, 02 Oktober 2017 - 11:42:47 WIB

    Temui Nasrul Abit, Faldo Maldini Belajar Kepemimpinan

    Temui Nasrul Abit, Faldo Maldini Belajar Kepemimpinan PADANG, HARIANHALUAN.COM--Faldo Maldini, pendiri pulangkampuang.com, menemui Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit, di Padang baru-baru ini.  Dalam pertemuan tersebut, tokoh lintas generasi ini berdiskusi banyak hal tent.
  • Rabu, 15 Juni 2016 - 17:30:26 WIB

    Nasrul Abit akan Berjuang untuk Nelayan

    Nasrul Abit  akan Berjuang untuk Nelayan PADANG, HALUAN -- Aksi Aliansi Nelayan Sumbar disambut langsung Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit. Mantan Bupati Pesisir Selatan ini memastikan akan menampung aspirasi nelayan untuk disampaikan ke pusat, bertepatan de.
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 17:09:16 WIB

    Wagub Nasrul Abit: Tol Padang-Bukittinggi Tetap Dikerjakan

    Wagub Nasrul Abit: Tol Padang-Bukittinggi Tetap Dikerjakan PADANG, HALUAN — Di­nas Prasjal Tarkim dan Bap­peda Sumbar memastikan, pembangunan jalan tol Pa­dang-Bukittinggi masuk da­lam RPJMD Sumbar 2016-2021. Perencanaan pem­ba­n­gu­nannya pun segera dimulai..
  • Senin, 09 Mei 2016 - 12:23:26 WIB

    Nasrul Abit Inginkan UNBK Merata di Sumbar

    Nasrul Abit Inginkan UNBK Merata di Sumbar PADANG, HALUAN -- Di sela-sela peninjauan UN SMP N 1 Padang dan SMP N 25 Padang, Senin (9/5), Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menginginkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) merata di Sumbar. Sebab, sekarang UNBK baru .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM