Ngeri..! Tertular Virus Corona dari Pasien, Dokter Liang Wudong Meninggal Dunia


Ahad, 26 Januari 2020 - 00:25:32 WIB
Ngeri..!  Tertular  Virus Corona dari Pasien, Dokter Liang Wudong Meninggal Dunia Gambar ini diunggah ke media sosial pada 25 Januari 2020 oleh Central Hospital of Wuhan menunjukkan staf medis merawat pasien. Foto/Central Hospital of Wuhan/Weibo/via REUTERS

WUHAN CHINA, HARIANHALUAN.COM - Sebaran virus corona benar-benar mengerikan. Seorang dokter di rumah sakit  kota Wuhan provinsi Hubei, China meninggal dunia akibat tertular virus corona dari pasien. 

Hal itu diumumkan dari China Global Television Networkk, Sabtu (25/5). Dilansir laman Channel News Asia, dokter tersebut diidentifikasikan bernama Liang Wudong berusia 62 tahun. Dokter Liang Wudong, bertugas di rumah Sakit Hubei Xinhua sebagai pusat penanganan virus corona di kota Wuhan.

Hingga Sabtu, (25/1) pemerintah Cina melaporkan 41 korban meninggal dunia akibat serangan wabah virus corona ini. Dalam waktu singkat, jumlah kasus pun melonjak menjadi hampir 1.300 kasus, yang sebagian besar berada di provinsi Hubei, China, terutama di kota Huwan pusat provinsi Hubei.

Komisi Kesehatan Nasional di China dalam sebuah pernyataannya menjelaskan, tercatat 1.287 kasus akibat virus corona terjadi di Negara Tirai Bambu itu.

Belakangan, sejumlah negara juga mendeteksi virus corona di negara mereka. Seperti Thailand, Vietnam, Singapura, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Nepal, Prancis, Amerika Serikat dan Australia.

Di Australia, seorang warga negara China yang menetap di Wuhan baru saja tiba setelah melalui penerbangan dari Guangzhou pada 19 Januari lalu, terindikasi virus corona. Saat ini, pria itu dalam kondisi stabil menjalani perawatan di Rumah Sakit Melbourne.

"Mengingat jumlah kasus yang telah ditemukan di luar China dan lalu lintas yang signifikan dari kota Wuhan ke Australia, kami tidak menduga bahwa kami akan mendapatkan beberapa kasus," terang Kepala Petugas Medis Australia, Brendan, dalam sebuah konferensi pers.

"Ini adalah kasus pertama yang dikonfirmasi. Ada kasus lain yang sedang diuji setiap hari, banyak di antaranya negatif," katanya.

Laporan serupa juga datang dari otoritas Prancis yang melaporkan kasus pertama masuknya virus corona ke wilayah Benua Eropa pada Jumat malam waktu setempat. 

Begitu juga laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS yang mengatakan pada hari Jumat waktu setempat ada 63 pasien yang sedang diselidiki apakah terpapar virus tersebut atau tidak. Hasilnya, pada dua kasus telah dikonfirmasi yang bersangkutan telah melakukan perjalanan ke Wuhan.

Banyak negara termasuk Indonesia sudah melakukan bebagai pencegahan agar virus corona tidak masuk titik-titik ketibaan warga negara asing. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah virus corona telah menyebabkan kondisi darurat di China. 

Pejabat kesehatan di Hubei mengumumkan 15 kematian baru terjadi di Wuhan, sehingga total secara keseluruhan korban meninggal akibat virus corona baru di seluruh Cina mencapai 41 orang sejak wabah menjangkiti.

Virus ini juga telah menyebar ke 30 provinsi, daerah otonom, dan kota di Cina. Banyak dari kota-kota diisolasi guna mengurangi peningkatan penularan virus, yang menghkhawtirkan sebab bisa tetular antar-manusia. (mdk)

loading...
 Sumber : Merdekacom /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]