170 Wisatawan Cina Kunjungi Sumbar, Jika Sukses Ada Lanjutannya


Ahad, 26 Januari 2020 - 18:43:42 WIB
170 Wisatawan Cina Kunjungi Sumbar, Jika Sukses Ada Lanjutannya Turis asal Cina saat berkunjung di Sumbar

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 170 wisatawan asal Cina kunjungi sejumlah daerah di Sumbar. Ini kunjungan pertama jika sukses maka selanjutnya akan ada trip rutin dari Cina ke Sumbar.

"Saat ini ada 170 warga Kunming yang kami bawa ke Sumbar, ini adalah trip pertama kami ke Sumbar. Jika ini sukses nanti akan ada trip kedua dan selanjutnya," kata Handra salah sorang Pemandu wisata romobongan itu, di Pariaman, Minggu (26/1).

Ia mengatakan, jika dua trip ini sukses pihaknya akan siap membuka trip dari Cina ke Sumbar sebanyak enam kali ke Sumbar. Untuk daerah kunjungan ini, sebelumnya pihak agensi wisata telah melakukan survei terlebih dahulu.

"Di Pariaman sendiri kami mengjungi Ruamah Tabuik, Pantai Gandoriah, dan Sekolah Beruk," ujarnya.

Dalam kunjungan ke Pariaman, lanjut Handra para wisatawan Cina merasa senang, karena melihat keindahan Pariaman dan sambutan dari masyarakat Pariaman yang ramah.

"Semenjak sampai di Pariaman mereka semua kelihatannya Happy, karena orang sini ramah," ujarnya.

Ia menyampaikan, kunjungan ini akan berlangsung selama 6 hari, 5 malam mengjungi beberapa daerah di Sumbar, selesai di Pariaman, rombongan itu langsung menuju air terjun lembah anai, dan malamnya menginap di Kota Bukittinggi.

"Nanti malam rombongan akan bermalam di Bukitting, dan esoknya akan melanjutkan ke Batusangkar, pada hari ketiga akan menikmati keindahan laut di kawasan mandeh, Pesisir Selatan," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Pariaman, Hendri mengatakan para wisatwan kelihatan senang berkunjung ke Pariaman. Selain bisa menikmati keindahan pantai, mereka juga berkunjung ke Sekolah Beruk di Desa Apar.

"Di Desa Apae wisatawan bisa menyaksikan aktrasi silat dan aktrasi beruk yang sengaja didik untuk bisa memetik kelapa. Tentu hal seperti ini tidak bisa ditemukan diaerah lain selain di Pariaman. Setelah ini mereka juga akan kita jamu makan siang di Rumah Dinas Walikota Pariaman," katanya.

Terkait isu virus Corona yang sedang melanda Cina dan beberapa negara lain, Hendri mengatakan semuanya sudah menjalani rangkaian pemeriksaan, mulai dari Cina ataupun sampai di Sumbar.

"Di BIM juga sudah dilakukan pemeriksaan oleh tim kesehatan Privinsi dan hasilnya tidak ada suhu badan dari wisatawan yang tinggi. Walaupun demikian, kami masyarakat Pariaman juga berharap ini tidak akan menjadi masalah," katanya.

Pantauan dilapangan, Wisatawan ini datang ke Pariaman dengan menggunakan empat unit Bus Pariwiswata, setelah melakukan kunjungan ke beberapa detinasi wisata di Pariaman, rombongan langsung berkumpul di Balairung Walikota Pariaman guna menikmati jamuan makan siang. Setelah makan, rombongan melanjutkan perjalannya menuju air terjun lembah anai dan Bukittingi. (h/hen)

Reporter : Yuhendra /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 30 Mei 2017 - 08:22:22 WIB

    Ada 170 Ribu Rumah di Sumbar yang Belum Tersentuh Listrik

    Ada 170 Ribu Rumah di Sumbar yang Belum Tersentuh Listrik PADANG, HALUAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumbar menyetujui Ranperda atas perubahan Perda Nomor 2 tahun 2013 tentang Ketenagalistrikan ditetapkan jadi Perda. Pembaharuan regulasi ini disahkan melalui Pa.
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 14:59:53 WIB

    Selama Liburan, Baznas Sijunjung Khitan 170 Anak

    Selama Liburan, Baznas Sijunjung Khitan 170 Anak SIJUNJUNG, HALUAN- Selama liburan sekolah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sijunjung telah memberikan pelayanan khitanan gratis kepada ratusan anak dari keluarga mustahik..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]