Nagari Koto Rawang Pessel Tingkatkan Mutu Kopi


Ahad, 26 Januari 2020 - 20:45:20 WIB
Nagari Koto Rawang Pessel  Tingkatkan Mutu Kopi Wali nagari Koto Rawang Derijol memberikan arahan peningkatan mutu kopi . M JONI

PAINAN,HALUAN.COM-Masyarakat Nagari Koto Rawang ,Kecamatan IV Jurai Pessel, terus berupaya meningkatakan kualitas bubuk kopi, guna menjamin mutu kopi semakin diminati konsumen.

Wali Nagari Koto Rawang Kecamatan IV Jurai Pessel Derijol, Minggu (26/1), menyatakan, bubuk kopi yang berkualitas dengan kemasan yang bagus  akan mampu meningkatkan animo  beli masyarakat, dengan  kopi yang memiliki mutu bagus,  tentu harga jual dapat ditingkat dari  Rp 20 ribu rupiah menjadi 22 ribu rupiah per kg biji kopi  kering.

"Bubuk kopi yang dikelola oleh masyarakat  yang dikemas dengan merek Kopi Mancakau. Ini kopi  murni tanpa bahan campuran," ulasnya.

Menunrut Derijol, bubuk kopi  dengan merek Mancakau  nagari Koto Rawang,  sebelumnya sudah dilounching oleh bupati Hendrajoni di dampingi beberapa kepala Perangkat Daerah ( PD) Pemda Pessel.

Dalam pertemuan tersebut ternyata  bubuk kopi asli yang diberi label Mancakau itu cukup diminati oleh konsumen daerah maupun luar daerah.


Untuk mendukung  pertumbuhan perekonomian masyarakat nagari Koto Rawang pemerintahan nagari akan membangun  rumah open,  khusus untuk pembuatan bubuk kopi yang dihimpun dari  para petani  dan  akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Nagari ( Bumnag) nagari Koto Rawang .

Dengan dibangunnya rumah open ini,  hasil produksi buah kopi  milik para petani, pemasarannya akan ditampung  oleh   Bumnag, sehingga para petani tidak perlu lagi memasarkan hasil komoditi buah kopi kepada para pedagang luar daerah karena Bumnag akan membelinya dengan   harga yang layak di pasaran.


"Dalam upaya mempertahan mutu kopi asal Nagari Koto Rawang, puluhan orang petani mengikuti  bimbingan dan pembinaan dari pemerintahan nagari, terutama  tentang pengelolaan buah kopi yang dipanen oleh masyarakat," ujar Derijol.   
Beberapa  waktu lalu saat melounchingl Kopi Bubuk Mancakau,  Bupati Hendrajoni   mengakui, bubuk kopi  hasil produksi masyarakat nagari koto Rawang memiliki khas tersendiri, gurih, harum,  enak dan  patut dibanggakan. (mjn)

Reporter : M JONI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]