Enam Jabatan Eselon II Sawahlunto Kembali Terisi


Ahad, 26 Januari 2020 - 21:43:28 WIB
Enam Jabatan Eselon II Sawahlunto Kembali Terisi Wako Deri Asta lantik 122 pejabat di lingkup Pemko Sawahlunto, Jumat (22/1) di Hall PTBA UPO.RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Mutasi dan rotasi pejabat di lingkup Pemerintah Kota Sawahlunto kembali bergulir. Sebanyak 122 pejabat esselon II, III dan IV serta Kepala Puskesmas dan Kepala Sekolah diambil sumpahnya untuk menempati posisi jabatan yang baru oleh Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta di Aula PTBA UPO, Jumat 24 Januari 2020 lalu.

"Mutasi merupakan kewajaran dan hal biasa dalam suatu organisasi, baik sebagai bentuk apresiasi,  promosi maupun evaluasi dari kinerja pejabat selama ini," kata Wako Deri Asta dalam sambutannya.

Untuk proses mutasi sebutnya telah melalui proses kajian dan juga asesmen, terkhususnya kepada pimpinan OPD dengan melibatkan tenaga ahli dari perguruan tinggi sebagai panitia seleksi. Tujuannya lanjut Deri, agar memperoleh pimpinan atau perangkat OPD yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki pejabat itu masing masing.

Lebih jauh diungkapkan Walikota, mutasi dan rotasi yang berjalan saling berkaitan itu merupakan hal yang wajar terjadi untuk memenuhi kebutuhan dan biasa terjadi dalam suatu organisasi. Mutasi juga lanjutnya, merupakan penyegaran sekaligus evaluasi dari kinerja masing masing pegawai, layak atau tidaknya menjabat.

"Tidak benar ada kesan dilambat lambatkan. Kita lakukan sesuai proses, dan diharapkan kebutuhan akan jabatan di struktur organisasi berjalan dengan baik sesuai dengan kinerja dan hasil yang diharapkan nantinya," tuturnya.

Gerbong mutasi yang dilakukan kali ini, sekaligus mengisi kekosongan Enam pimpinan OPD diantaranya, Kepala BKPSDM yang kosong karena pejabat lama, Mawardi memasuki masa pensiun dan sekarang dijabat oleh Guspriadi. Inspektorat yang juga kosong karena kepala yang lama Yusmaidar juga memasuki pensiun dan sekarang dijabat oleh Isnedi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang kosong karena pejabat lama Nova Erizon dimutasi menjadi Kepala Dinas Pariwisata sekarang dijabat oleh Eva Riansyah. Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar yang juga kosong karena pejabat lama Nurwansyah Putra dimutasi sebagai Kepala Dinas Perhubungan dan sekarang dijabat oleh Jhon Hendri. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kosong dikarenakan pejabat lama Aswen memasuki.masa pensiun dan sekarang dijabat oleh Eidwar. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) juga kosong dikarenakan pejabat lama Buyung Lapau pindah ke Kota Pariaman dan sekarang dijabat oleh Afridarman yang jabatan lamanya sebagai Sekretaris BPKAD.

Kepada seluruh pejabat yang dilantik Walikota juga menekankan agar seluruh pimpinan OPD untuk dapat saling berkoordinasi antar OPD dan lintas sektoral.

"Jangan mempertahankan ego sektoral. Jangan salning ber blok blok seperti selama ini yang terjadi. Kita akan terus melakukan evaluasi atas kinerja para pejabat yang baru dilantik dan pejabat lainnya," ujar Wako Deri Asta.(h/rki)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]