Layanan Rawat Inap di Puskesmas Tapus Dihentikan, Warga Kecewa Berat


Ahad, 26 Januari 2020 - 21:50:19 WIB
Layanan Rawat Inap di Puskesmas Tapus Dihentikan, Warga Kecewa Berat Salah satu ruang rawat inap di Puskesmas Tapus tampak kosong pasca layanan tersebut dialihkan ke RS Pratama, terhitung 16 Januari 2020. YUDHI

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Ditutupnya layanan rawat inap di Puskesmas Tapus, Kecamatan Padanggelugur, Kabupaten Pasaman, terhitung 16 Januari 2020 kemarin, disayangkan sejumlah warga setempat. 

Salah satunya, Bukhari Nurman, warga Tapus, Nagari Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur, Minggu (26/1). Lewat salah satu grup Whatsapp, ia mempertanyakan alasan penutupan layanan bagi pasien rawat inap di puskesmas tersebut yang terkesan mendadak dan tanpa pemberitahuan kepada masyarakat. 

"Mohon info kawan-kawan di grup ini, ada yang tau ndak apa sebab layanan rawatan di Puskesmas Tapus, Jorong Sentosa, Nagari Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur ditutup terhitung tanggal 16 januari 2020. Mohon info yang tahu," tanya Nurman. 

Warga lainnya, Masdalena mengatakan, bahwa ia bersama keluarganya selama ini sudah terbiasa berobat ke puskesmas tersebut. Baik rawat jalan maupun rawat inap. 

"Kalau ditutup sih, sedih juga yah. Kami sekeluarga sudah terbiasa berobat kesana (Puskesmas Tapus). Kini, kabarnya sudah disetop untuk pelayanan rawat inap," ungkapnya. 

Tidak itu saja, penutupan layanan rawat inap di puskesmas ini otomatis mengurangi pemasukan bagi para tenaga kesehatannya. Terkhusus bagi mereka para tenaga kontrak dan sukarela. 

Dari informasi yang berhasil dihimpun Haluan Media Group (HMG), penghentian layanan rawat inap di puskesmas itu konon kabarnya dialihkan ke Rumah Sakit (RS) Pratama yang baru saja beroperasi pada awal 2019 lalu. 

"Betul, untuk rawat inap kini dialihkan ke RS Pratama di Muarabangun. Jaraknya sekitar 3 Km dari Puskesmas Tapus. Tapi, untuk layanan rawat jalan tetap, seperti biasa," ungkap Dokter Puskesmas Tapus, dr Edo. 

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala Puskesmas Tapus, dr Yolanda. Ia mengatakan, bahwa pusat kesehatan masyarakat Tapus, terhitung 16 Januari 2020 sudah bukan puskesmas rawat inap lagi. 

"Iya, SKnya tgl 16 Januari 2020, PKM Tapus sudah tidak puskesmas rawat inap lagi," ujar Yolanda. (h/yud)

 

Reporter : YUDHI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 16 April 2020 - 19:33:44 WIB

    Ada 10.000 Siklus di Indonesia, Layanan Bayi Tabung Kian Diminati

    Ada 10.000 Siklus di Indonesia, Layanan Bayi Tabung Kian Diminati JAKARTA, HARINAHLAUNA.COM - Meskipun masih awam bagi sebagian kalangan masyarakat, diam-diam pertumbuhan layanan bayi tabung di Indonesia semakin tinggi dengan 10.000 siklus pada 2018. Dengan usia 21 tahun, Morula IVF menjadi.
  • Rabu, 08 April 2020 - 14:38:25 WIB

    Hore! Halodoc Gratiskan Layanan Telemedicine Bagi Pelanggan Telkomsel

    Hore! Halodoc Gratiskan Layanan Telemedicine Bagi Pelanggan Telkomsel JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Aplikasi layanan kesehatan, Halodoc bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi, Telkomsel untuk memberikan akses gratis pada fitur Telemedicine..
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 08:21:32 WIB

    Iuran Naik, BPJS Tawarkan 4 Layanan Baru

    Iuran Naik, BPJS Tawarkan 4 Layanan Baru JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Iuran BPJS Kesehatan naik, berbagai keluhan muncul dari para peserta yang menginginkan pelayanan lebih baik. Sedikitnya 4 layanan baru disiapkan untuk menjawab tuntutan tersebut..
  • Ahad, 29 Desember 2019 - 15:17:57 WIB

    HUT Ke-66, RSUP M. Djamil Terus Tingkatkan Pelayanan

    HUT Ke-66, RSUP M. Djamil Terus Tingkatkan Pelayanan PADANG, HARIANHALUAN.COM - RSUP M. Djamil Padang mengadakan serangkaian acara dan kegiatan dalam rangka peringatan puncak HUT ke-66, Minggu (29/12)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]