Ini Alasan Dibalik Pengalihan Layanan Rawat Inap di Puskesmas Tapus


Senin, 27 Januari 2020 - 10:57:35 WIB
Ini Alasan Dibalik Pengalihan Layanan Rawat Inap di Puskesmas Tapus Ilustrasi Puskesmas Tapus.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Pengalihan layanan rawat inap di Puskesmas Tapus, Nagari Padanggelugur ke RS Pratama di Nagari Sitombol, Kecamatan Padanggelugur, Kabupaten Pasaman, mengundang reaksi dari sejumlah warga.

Menurut warga, pengalihan layanan tersebut terkesan mendadak. Ditambah lagi informasi dari pihak puskesmas lamban dan tidak sampai ke masyarakat. Akibatnya banyak warga yang hendak berobat terpaksa balik arah.

Ketika dihubungi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, dr Arnida mengatakan, penghentian layanan rawat inap di Puskesmas Tapus bagian dari tindak lanjut surat keputusan (SK) Bupati Pasaman Nomor 188.5/31/Bup-Pas/2029.

"Kita melaksanakan SK Bupati Pasaman tentang penetapan Puskesmas Tapus sebagai Puskesmas Rawat Jalan, terhitung 16 Januari 2020," ujar Arnida menjawab pertanyaan HarianHaluan.com, Senin (27/1/2020).

Pertimbangannya, kata mantan Sekretaris DPM ini, untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan mendukung upaya efisiensi pelayanan di Rumah Sakit Pratama di Kubu Juar, Jorong Selamat Utara, Nagari Sitombol, Kecamatan Padanggelugur.

"Diharapkan Puskesmas Tapus yang berjarak lebih kurang 1 km dari RS Pratama, bisa lebih fokus ke fungsi promotif, preventif sebagai fungsi Puskesmas sesungguhnya. Dan fungsi kuratif serta rehabilatatif dikembalikan ke RS (Pratama)," ujar Arnida menjawab pertanyaan HarianHaluan.com.

Disamping itu, pengembalian fungsi Puskesmas sebagai pusat promotif dan preventif juga sebagai salah satu upaya Dinas Kesehatan untuk meningkatkan pelayanan pasien rawat inap sesuai dengan standar mutu dan sarana yang lebih memadai di RS Pratama.

"Dan juga untuk memaksimalkan kunjungan pasien ke RS itu. Dengan harapan bisa kita tingkatkan status RS Pratama ini menjadi rumah sakit tipe D," ujar Arnida.

Sebelumnya, salah seorang warga Padanggelugur, Bukhari Nurman (49), mempertanyakan alasan penutupan layanan bagi pasien rawat inap di puskesmas tersebut yang terkesan mendadak dan tanpa pemberitahuan kepada masyarakat.

"Mohon info kawan-kawan di grup ini, ada yang tau ndak apa sebab layanan rawatan di Puskesmas Tapus, Jorong Sentosa, Nagari Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur ditutup terhitung tanggal 16 januari 2020. Mohon info yang tahu," tanya Nurman.

Warga lainnya, Masdalena mengatakan, bahwa ia bersama keluarganya selama ini sudah terbiasa berobat ke puskesmas tersebut. Baik rawat jalan maupun rawat inap.

"Kalau ditutup sih, sedih juga yah. Kami sekeluarga sudah terbiasa berobat kesana (Puskesmas Tapus). Kini, kabarnya sudah disetop untuk pelayanan rawat inap," ungkapnya.

Tidak itu saja, penutupan layanan rawat inap di puskesmas ini otomatis mengurangi pemasukan bagi para tenaga kesehatannya. Terkhusus bagi mereka para tenaga kontrak dan sukarela. (h/yud)

Reporter : RW Lubis /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]