Buat Masyarakat Resah, Pemprov Sumbar Tunda Kedatangan Turis Cina Rombongan Kedua


Senin, 27 Januari 2020 - 12:41:05 WIB
Buat Masyarakat Resah, Pemprov Sumbar Tunda Kedatangan Turis Cina Rombongan Kedua Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar menunda kedatangan wisatawan asal Cina rombongan kedua. Penundaan ini menjawab keresahan masyarakat Sumbar di tengah mewabahnya virus corona di Kota Wuhan, Cina, mirisnya telah menyebar ke sejumlah negara lain.

"Jadi kemungkinan rombongan turis Cina yang kedua itu di reschedule dulu sampai kondisi kondusif," kata Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal saat dihubungi HarianHaluan.com, Senin (27/1/2020).

Jasman menjelaskan, bahwa ada imbauan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terkait larangan kepada warga Cina untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Jadi ada juga imbauan dari Kemenpar, melarang warganya ke luar negeri, jadi direschedule lah (kedatangan rombongan kedua turis Cina ke Sumbar)," ujar Jasman.

Terkait pemulangan turis Cina, Jasman menyebutkan, Pemprov Sumbar telah berkomunikasi dengan pihak travel. Rencananya, agen travel tengah mengurus kepulangan turis Cina yang sedang berlibur di Sumbar. Ini dilakukan untuk menjamin keselamatan masyarakat di Ranah Minang.

"Barusan saya juga dapat kontak dari pihak travel yang mengurus turis Kumning Cina. Mereka menyikapi aspirasi masyarakat, secepatnya dilakukan pemulangan. Tapi tentu mereka berproses dulu mencari transportasi untuk turis Cina, dan mengurus segala macamnya," sebut Jasman.

Terpisah dihubungi, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan agen travel untuk mengurus kepulangan wisatawan asal China yang sedang berlibur di Sumbar.

"Sudah koordinasi dengan agen travel," kata Novrial.

Seperti dilansir dari akun twitter Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade, @andre_rosiade, Senin (27/1/2020). Dalam cuitannya, Andre menuliskan sudah berkomunikasi dengan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit perihal turis China yang datang ke Sumbar.

Andre mengatakan jika Nasrul sudah perintahkan Dinas Pariwisata untuk memulangkan turis China dan kembali ke negara mereka.

"Saya sudah komunikasi dengan pak @nasrul_abitt Wagub Sumbar. Beliau sudah memerintahkan Dinas Pariwisata untuk segera mengurus kepulangan Turis China kembali ke negara mereka," kata @andre_rosiade di Twitter.

Andre juga menugatakan Nasrul melakukan hal tersebut demi ketentraman masyarakat Sumbar dan keselamatan dari ancaman Virus Corona.

"Saya sudah komunikasi dgn pak @nasrul_abitt Wagub Sumbar. Beliau sudah memerintahkan Dinas Pariwisata utk segera mengurus kepulangan Turis Cina kembali ke negara mereka. Demi ketentraman masyarakat Sumbar dan keselamatan dr ancaman Virus Corona," begitu tulis Andre di akun Twitternya.

Seperti ramai diberitakan, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyambut kedatangan ratusan turis China di Padang. Rombongan wisatawan dari Kota Kunming, Provinsi Yunnan, China sampai di Padang Minggu (26/1/2020) pagi.

"Jadi sebetulnya kegiatan ini sudah lama sekali dirancang oleh berbagai pihak, termasuk juga beberapa kali Pemerintah Daerah Provinsi ke Tingkok untuk mengajak wisatawan datang ke Sumatera Barat," kata Irwan Prayitno. (*)

Reporter : Milna /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 09:21:17 WIB

    Dapat THR dari Faldo Maldini, Tenaga Honorer: Bisa Buat Beli Kue Lebaran

    Dapat THR dari Faldo Maldini, Tenaga Honorer: Bisa Buat Beli Kue Lebaran HARIANHALUAN.COM -- Faldo Maldini terus berbagi bantuan untuk warga Sumbar yang terdampak Covid-19. Melalui akun Instagram @FaldoMaldini, dia memperlihatkan dialog dengan beberapa penerima..
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 14:26:12 WIB

    Faldo Maldini Bagikan THR Buat Ribuan Warga Sumbar

    Faldo Maldini Bagikan THR Buat Ribuan Warga Sumbar HARIANHALUAN.COM - Tampaknya, upaya dari Faldo Maldini berbagi uang tunai mendapatkan sambutan yang luar biasa dari warga Sumatera Barat. Sejak awal Ramadan, ribuan warga Sumbar sudah menerima amplop yang berisi Rp 200 ribu..
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 15:58:39 WIB

    Mau Lebaran, Faldo akan Bagikan THR Buat Guru Honorer

    Mau Lebaran, Faldo akan Bagikan THR Buat Guru Honorer HARIANHALUAN.COM -- Faldo Maldini, politisi Sumangaik Baru, akan membagikan THR untuk guru honorer dan guru mengaji. Menurutnya, kesejahteraan dari guru-guru yang belum mendapatkan kepastian status pastinya lebih berat..
  • Jumat, 08 Mei 2020 - 19:26:34 WIB

    Diduga Mesum, Perbuatan Dua Oknum THL di DPRD Padang Pariaman Tak Terbukti

    Diduga Mesum, Perbuatan Dua Oknum THL di DPRD Padang Pariaman Tak Terbukti PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Terkait perkembangan kasus dugaan mesum oleh tenaga harian lepas (THL) di DPRD Padang Pariaman, tim investigasi internal Sekretariat DPRD Kabupaten Padang Pariaman, tidak menemukan bukti per.
  • Senin, 27 April 2020 - 21:22:17 WIB

    Kapolda Sumbar Terima 2.700 Masker Buatan Polwan

    Kapolda Sumbar Terima 2.700 Masker Buatan Polwan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 2.700 unit masker diterima Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dari Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, Hari Syamsi, Senin (27/4/2020)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]