Polres Pasaman Gagalkan Peredaran 19 Paket Ganja, 3 TSK Diamankan


Senin, 27 Januari 2020 - 16:45:58 WIB
Polres Pasaman Gagalkan Peredaran 19 Paket Ganja, 3 TSK Diamankan Satuan Reserse Narkoba Polres Pasaman saat mengamankan BB Ganja dan para tersangka di Mapolres Pasaman.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Cap Kabupaten Pasaman sebagai pusat perlintasan narkoba sepertinya tidak dapat dipungkiri lagi. Pasalnya berbagai kasus narkoba terungkap di wilayah tersebut. Pemainnya pun beragam, lokal dan luar daerah juga ada.

Terbaru, dalam kurun waktu dua hari terakhir Satuan Reserse Narkoba Polres Pasaman, kembali berhasil menggagalkan peredaran 19 paket besar narkoba jenis ganja kering dan mengamankan tiga tersangka dari dua tempat kejadian perkara (TKP) berbeda.

Saat dihubungi, Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya melalui Kasatres Narkoba Iptu Syafri Munir membenarkan peristiwa tersebut. Dikatakan, pihaknya sepanjang akhir pekan kemarin berhasil menggagalkan peredaran narkoba dan mengamankan sejumlah tersangka.

"Betul, ada tiga tersangka dan 19 paket besar narkoba jenis ganja yang berhasil kita amankan dari dua TKP. TKP pertama di Rao, dengan satu tersangka dan 10 paket ganja. TKP kedua di Sitombol, ada 2 tersangka dan 9 paket ganja," katanya, Senin (27/1).

Para tersangka, kata dia, bukanlah warga setempat, melainkan warga dari luar Pasaman. Salah satu tersangka, Aldi Armansyah (20) merupakan warga Sasak, Kecamatan Ranah Pasisia, Kabupaten Pasaman Barat.

"Dia (Aldi), kita amankan pada Sabtu (25/1) sekira pukul 07.00 Wib di Jalan lintas Sumatera (Jalinsum), dekat SPBU Pertanian, Nagari Padangmentinggi, Kecamatan Rao. Dengan BB 10 paket besar ganja," katanya.

Saat petugas kepolisian melakukan penangkapan, tiga rekan Aldi ini berhasil melarikan diri, berikut membawa kabur 11 paket ganja kering menuju Pasaman Barat . Namun, identitas para tersangka sudah dikantongi.

Mereka terdiri atas, Wahyu Pratama (21), Warga Sasak, Ranah Pasisia beserta Rudi (21) dan Eeng (21), warga Simpang Tigo, Ophir, Pasbar.

"Barang haram itu mereka bawa dari Madina, menggunakan dua unit sepeda motor. Paket ganja yang dibalut lakban coklat itu dimasukkan ke dalam tas besar dan juga karung goni," katanya.

Dua tersangka lainnya, Keken Aflahal (29) dan Riyanda Syaputra (26) warga Kota Payakumbuah diamankan petugas di Jalinsum ruas Bukittinggi-Padangsidempuan, di Muara bangun, Jorong Selamat Utara, Nagari Sitombol, Kecamatan Padanggelugur.

"Mereka kita amankan Senin (27/1) sekira pukul 06.30 Wib. Sembilan paket besar ganja kering ini jemput dari Madina, Sumatra Utara. Dengan tujuannya dibawa ke Kota Payakumbuh," kata Iptu Syafri Munir.

Untuk mempertanggungjawabkan kejahatannya, kini para tersangka bersama barang bukti sudah diamankan di Mapolres Pasaman.

Keberhasilan pihak kepolisian menangkap para tersangka ini berawal dari informasi masyarakat.

"Tersangka dan barang bukti sudah diamankan ke Polres. Dan anggota masih melakukan pencarian dan pengembangan terhadap tersangka lainnya," katanya. (h/yud)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]