Legislator Ini Minta Pemprov Sumbar Serius Masalah Kedatangan Turis China di Saat Wabah Corona


Senin, 27 Januari 2020 - 17:16:32 WIB
Legislator Ini Minta Pemprov Sumbar Serius Masalah Kedatangan Turis China di Saat Wabah Corona Foto/twitter Irwan Afriadi.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Barat (DPRD Sumbar) Fraksi Nasdem, Irwan Afriadi meminta pemerintah setempat lebih serius mengantisipasi virus Corona atau wabah pneumonia, agar masyarakat Sumbar terhidnar dari virus mematikan tersebut.

"Untuk sementara mungkin kita tolak dulu kedatangan wisatawan asal Cina untuk melancong ke Sumbar sampai keadaan kondusif," kata Irwan Afriadi saat dihubungi HarianHaluan.com, Senin (27/1/2020).

Di sisi lain, kata Irwan Afriadi, pemerintah provinsi Sumbar juga diminta lebih optimal lagi melakukan edukasi kepada masyarakat terkait adanya virus Corona agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan.

"Kita kan harus mengedukasi masyarakat juga terkaot kewaspadaan. Karena tidak semua masyarakat percaya dengan kebedaraan alat thermal scanner (pendeteksi suhu tubuh), sebab banyak negara besar yang kecolongan meski sudah ada alat itu," ujar Irwan Afriadi.

Kendati demikian, Irwan Afriadi menyambut baik kunjungan wisatawan luar ke Sumbar. Lantaran bisa menggenjot tingkat kunjungan wisata dalam mendongkrak perekonomian masyarakat. Hanya saja, perlu dipertimbangkan dari segi keamanannya karena virus tersebut sangat berbahaya.

"Apalagi virus ini juga termasuk yang berbahaya jadi pemerintah harus arif lah kan. Soal penyambutan Gubernur itu tidak ada masalah, itu bukan langsung keinginan dari pemerintahnya, tapi karena itu permintaan dari travel agennya," tukasnya.

Seperti ramai diberitakan, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyambut kedatangan ratusan turis China di Padang. Rombongan wisatawan dari Kota Kunming, Provinsi Yunnan, China sampai di Padang Minggu (26/1/2020) pagi.

"Jadi sebetulnya kegiatan ini sudah lama sekali dirancang oleh berbagai pihak, termasuk juga beberapa kali Pemerintah Daerah Provinsi ke Tingkok untuk mengajak wisatawan datang ke Sumatera Barat," kata Irwan Prayitno. (*)

 Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]