Penolakan Wisatawan China, Pemprov Sumbar: Itu Bagus! Berarti Mereka Cinta Daerah


Senin, 27 Januari 2020 - 17:37:24 WIB
Penolakan Wisatawan China, Pemprov Sumbar: Itu Bagus! Berarti Mereka Cinta Daerah Kabiro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kedatangan sekitar 150 wisatawan dari Kunming, China menuai berbagai penolakan masyarakat, terutama di daerah yang direncanakan akan didatangi oleh wisatawan tersebut. Hal tersebut direspon positif oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar). 

Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal saat ditemui harianhaluan.com, Senin (27/1) mengatakan, pihaknya tidak akan melarang apapun kegiatan yang dilakukan. Dia menyebut, hal tersebut dilakukan lantaran mereka cinta dengan daerahnya dan tidak mau terkena imbas dari virus berbahaya tersebut. 

Baca Juga : Sumatera Adventure Bisa Menjadi Lokomotif Ekonomi Baru 

"Itu bagus! Artinya, masyarakat kita cinta dengan daerahnya sendiri. Kita dari Pemprov Sumbar tidak pernah melarang aksi-aksi penolakan tersebut, itu adalah hak dari warga," jelasnya.

Ditambahkan Jasman, berbagai aksi tersebut dilakukan lantaran mewabahnya virus corona yang sudah memakan korban jiwa di China. Terlebih lagi, wisatawan yang datang ini juga datang langsung dari negara tersebut meskipun kotanya berbeda. Jika tidak, warga di Sumbar akan dengan senang hati menerima para wisatawan ini. 

Baca Juga : Bagian dari Sport Tourisme, Sandiaga Uno Dukung Pelaksanaan Tour de Singkarak Digelar Tahun Ini

"Kita tidak bisa menyalahkan masyarakat dalam hal ini, mereka tentunya juga punya pertimbangan ketika melakukan aksi. Kita dari Pemprov tidak melarang dan mengganggap itu adalah rasa mereka punya Sumbar," tutur Jasman.

Sementara, untuk para wisatawan yang tidak jadi melanjutkan lawatan mereka ke Bukittinggi dan Tanah Datar, kata Jasman, sudah dilakukan di Padang. Besok rencananya para wisatawan ini akan menuju kawasan Mandeh, karena warga dan Pemerintah setempat memberikan izin. 

"Mereka besok akan ke Mandeh. Pihak dari Dinas Pariwisata Pesisir Selatan sudah mengkonfirmasi jika mereka siap menerima wisatawan tersebut," tutup Jasman. (*)

Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]