Negara Asing Ramai-ramai Evakuasi Warga dari China Gara-gara Corona


Selasa, 28 Januari 2020 - 06:59:06 WIB
Negara Asing Ramai-ramai Evakuasi Warga dari China Gara-gara Corona Virus Corona kini menyerang Wuhan China dan bisa menyebar ke Indonesia. Waspada!

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Prancis dan Amerika Serikat berencana memulangkan seluruh warganya yang berada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, yang menjadi sumber penyebaran virus Corona jenis baru. Diperkirakan mereka akan melakukan evakuasi itu pada pertengahan pekan ini, dengan cara penerbangan langsung dengan izin China.

Seperti dilansir AFP, Selasa (28/1), keputusan itu disampaikan Menteri Kesehatan Prancis, Agnes Buzyn, usai rapat kabinet bersama Perdana Menteri Eduoard Philippe.

"Jumlah yang akan kami evakuasi bisa belasan sampai ratusan orang," kata Buzyn.

Menurut Buzyn, saat ini konsulat Prancis sedang mendata ada berapa banyak warga mereka yang berada di Wuhan. Menurut Wakil Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Baptiste Lemoyne, sejumlah negara-negara di Eropa kini berharap bantuan dari Prancis untuk mengevakuasi warga mereka yang terjebak di Wuhan, setelah pemerintah China menutup akses keluar dan masuk.

Lemoyne mengatakan menurut data konsulat diperkirakan ada sekitar 500 warga Prancis yang bermukim di Wuhan. Namun, menurut dia jumlah itu bisa mencapai dua kali lipat karena pegawai perusahaan automotif PSA beserta keluarga mereka dan sejumlah mahasiswa juga bermukim di sana.

Sampai saat ini hanya ada dua negara Eropa yang memiliki perwakilan diplomatik di Wuhan, yakni Inggris dan Prancis. Buzyn mengatakan warga Prancis yang tiba dari Wuhan nantinya bakal dikarantina terlebih dulu selama 14 hari.

Pemerintah Amerika Serikat juga berencana akan mengevakuasi warga mereka yang berada di Wuhan.

Sampai saat ini tercatat ada 82 orang meninggal akibat terjangkit virus corona. Jumlah itu berdasarkan data pengidap sejak akhir 2019.

Orang-orang yang terjangkit virus itu saat ini terdeteksi di China, Kanada, Amerika Serikat, Prancis, Sri Lanka, Thailand, Taiwan, Vietnam, Korea Selatan, Nepal, Singapura, Australia, Malaysia, Jepang dan Kamboja.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 06:28:39 WIB

    Negara-negara Islam di Dunia Belajar Toleransi di Indonesia

    Negara-negara Islam di Dunia Belajar Toleransi di Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Jenderal Delegasi Rabithah Al-Alam Al-Islami/World Moslem League (WML) atau Liga Islam Dunia, Sheikh Mohammed Abdulkarim Al-Essa, menyampaikan keinginan untuk belajar toleransi kepada In.
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 13:53:00 WIB

    Duh..! Dicurigai Bawa Virus Corona, Kapal Pesiar Ini Ditolak Lima Negara

    Duh..! Dicurigai Bawa Virus Corona, Kapal Pesiar Ini Ditolak Lima Negara SIHANOUKVILLE,HARIANHALUAN.COM -Malang nian  nasib MS Westerdam,  kapal pesiar supermewah ini  malah ditolak  merapat  oleh lima negara yang  merasa takut akan  wabah virus corona. Akhirnya   hanya bisa berlabuh de.
  • Senin, 03 Februari 2020 - 14:05:54 WIB

    Banyak Negara Tolak Kunjungan Warganya, China Marah!

    Banyak Negara Tolak Kunjungan  Warganya, China Marah! BEIJING,HARIANHALUAN.COM- Pemeritah China benar-benar marah  akibat semakin banyak negara yang tak memberi izin bagi warga negara China  datang  dan menangguhkan penerbangan dari negara Tirai Bambu itu..
  • Selasa, 28 Januari 2020 - 13:42:07 WIB

    Gawat..!  Hari Ini Sudah 16 Negara Terpapar Virus Corona

    Gawat..!  Hari Ini Sudah 16 Negara Terpapar Virus Corona JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-- Virus corona atau coronavirus, sudah sampai di Jerman. Pemerintah Jerman mengkonfirmasi kasus pertama dari  virus mematikan   pada Senin malam  waktu setempat Selasa  (287/1/2020) WIB..
  • Ahad, 26 Januari 2020 - 12:39:17 WIB

    Sudah 14 Negara Konfirmasi Positif, Dunia Dikepung Virus Corona!

    Sudah 14 Negara Konfirmasi Positif, Dunia Dikepung Virus Corona! JAKARTA,HARIANHALUAN.COM -- Virus Corona telah menyebar ke berbagai negara, dan akan terus bertambah . Virus mematikan tersebut telah merenggut 52 nyawa sejak muncul di Wuhan, China. Hampir tiga ribu orang terpapar. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM