Duet Kemendag dan Kementan Tingkatkan Ekspor Nonmigas


Selasa, 28 Januari 2020 - 07:28:50 WIB
Duet Kemendag dan Kementan Tingkatkan Ekspor Nonmigas Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menegaskan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Pertanian (Kementan) akan memperkuat sinergi untuk mencapai surplus neraca perdagangan dengan pertumbuhan ekspor nonmigas.

"Kita harap Kemendag dan Kementan dapat bersinergi, saling mendukung untuk mencapai surplus neraca perdagangan dengan pertumbuhan ekspor nonmigas khusunya ekspor produk pertanian," ujar Mendag Agus, dikutip dari laman resmi Kemendag, Selasa (28/1/2020).

Peran dan dukungan dari Kementan yang dibutuhkan, yaitu meningkatkan daya saing produk pertanian melalui peningkatan kualitas dan produksi hasil pertanian, diversifikasi produk pertanian dengan mengolah produk pertanian yang bernilai tambah, serta peningkatan kapasitas sumber daya pertanian dalam rangka meningkatkan kemampuan para petani.

Sementara strategi jangka pendek yang akan dilakukan Kemendag adalah meratifikasi 13 perjanjian dan menyelesaikan 11 perjanjian perdagangan internasional, menyederhanakan prosedur ekspor dan kemudahan impor bahan baku.

Selain itu meningkatkan Free Trade Agreement Center (FTA Center) di lima daerah yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Makasar, dan Medan, menggiatkan misi dagang ke pasar tradisional dan pemanfaatan perjanjian internasional, serta optimalisasi ITPC.

Kemudian strategi jangka menengah yang akan dilakukan adalah menyelesaikan sengketa dagang dan mengoptimalkan pemanfaatan instrumen pengamanan perdagangan, meningkatkan pencitraan (branding) dalam partisipasi pameran dan misi dagang.

Lalu meningkatkan SDM usaha kecil dan menengah (UKM) ekspor dengan pelatihan ekspor kepada 3.424 peserta, dan pelatihan progran pada 38 pelaku usaha UKM siap ekspor, serta mendorong penerapan skema imbal dagang dan pengolahan energi baru terbaharukan. (*)

 Sumber : Kemendag /  Editor : Milna


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 13 Mei 2016 - 04:50:25 WIB

    Publik Masih Inginkan Duet BH - BG

    JAKARTA, HALUAN — Masyarakat menilai kepolisian pada masa pemerintahan Jokowi-JK yang dipimpin Jenderal Badroddin Haiti (BH) dan Jenderal Budi Gunawan(BG) telah berhasil dalam meningkatkan kinerja kepo­lisian dalam memelih.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM