Tuan Rumah KTT G20, PUPR Kebut Pembangunan Jalan Lintas Utara Flores


Selasa, 28 Januari 2020 - 07:53:50 WIB
Tuan Rumah KTT G20, PUPR Kebut Pembangunan Jalan Lintas Utara Flores Jalan Lintas Utara Flores Labuan Bajo-Kedindi. Ist

LABUAN BAJO, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian PUPR melalui BPJN X NTT telah memulai pembangunan Jalan Lintas Utara Flores Labuan Bajo-Kedindi sejak tahun 2015 dengan total anggaran yang sudah dikeluarkan sebesar Rp 201 miliar. Saat ini progresnya dari total panjang 141,29 km sudah tembus sepanjang 60 km dengan kondisi jalan yang sudah teraspal sepanjang 18 km.

"Untuk target keseluruhan rampung dengan kondisi teraspal yakni pada tahun 2023. Namun untuk mendukung pembangunan Pelabuhan Bari kita fokuskan untuk penyelesaian pengaspalan hingga ke Bari pada tahun 2021," tambah Muktar, dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Selasa (28/1/2020).

Selain pembangunan jalan lintas utara Flores Kementerian PUPR juga akan melebarkan Jalan Soekarno Hatta di pusat kota Labuan Bajo dilengkapi dengan jalur pejalan kali (pedestrian walk) yang nyaman, serta meningkatkan kualitas jalan dari Labuan Bajo ke Wae Cicu yang akan menjadi pusat pelayanan akomodasi wisata premium di Labuan Bajo.

Wakil Ketua Komisi V Ridwan Bae melakukan Kunjungan Kerja (kunker) Spesifik dalam rangka meninjau infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo Provinsi Nusa Tenggara Timur, khususnya pembangunan Jalan Lintas Utara Flores.

"Daerah gunung dan perbukitan mempengaruhi persoalan infrastruktur tersendiri di Labuan Bajo, tapi Kementerian PUPR punya ilmu yang baik dan Labuan Bajo punya nama besar. Dengan pembangunan infrastruktur yang baik, termasuk potensi persawahan yang ada, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian," tutur Ridwan.

Selain itu, dalam rangka mendukung pertemuan internasional G20 dan ASEAN Summit 2023 yang dipersiapkan untuk dilaksanakan di Labuan Bajo, Ridwan berharap agar Kementerian PUPR segera menyusun langkah-langkah konkret sehingga pelaksanaannya dapat meningkatkan nama baik bangsa dan pelaksanaannya berjalan dengan sukses.

Kepala Balai Jalan Nasional (BPJN) X NTT Kupang Muktar Napitupulu mengatakan, pembangunan Jalan Lintas Utara Flores tersebut akan menjadi jalur logistik yang menghubungkan sentra produksi pertanian di Kawasan Pertanian Terang seluas dengan Pelabuhan Bari yang dibangun sebagai pelabuhan niaga menggantikan Pelabuhan Labuan Bajo.

Dengan dibangunnya Jalan Lintas Utara juga akan menjadi jalur alternatif untuk memperlancar pengiriman logistik dan bahan bakar minyak (BBM) dari wilayah Kedindi yang terdapat Depo Pertamina ke Labuan Bajo dan akan membantu akses dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Gas (PLTMG), Mobile Power Plant (MPP) Flores (Labuan Bajo) milik PT PLN yang berkapasitas 20 MW di Dusun Rangko, Desa Tanjung Boleng, Kecamatan Boleng, menuju Labuan Bajo. (*)

 Sumber : Kementerian PUPR /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 07:25:32 WIB

    Tak Cuma Sembako, Masih Banyak Jenis Bantuan Pemerintah Selama Covid-19

    Tak Cuma Sembako, Masih Banyak Jenis Bantuan Pemerintah Selama Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah meliris informasi terkait skema pemberian bantuan untuk masyarakat terdampak pandemi virus COVID-19 pada Kamis 28 Mei 2020. Patut dipahami, bahwa terdapa.
  • Rabu, 20 Mei 2020 - 14:50:12 WIB

    Alasan Kemensos Soal Bantuan Sosial Tak Merata, Yuk Simak!

    Alasan Kemensos Soal Bantuan Sosial Tak Merata, Yuk Simak! HARIANHALUAN.COM - Pemerintah sudah menargetkan sebanyak 8,3 juta bantuan sosial harus diserahkan sebelum Lebaran tahun ini. Namun, masih banyak yang menilai bantuan sosial tersebut belum terasa di berbagai daerah di Indonesi.
  • Sabtu, 16 Mei 2020 - 21:46:36 WIB

    Mensos Berharap Masyarakat Bahagia Sambut Lebaran Dengan Bantuan Sosial Tunai

    Mensos Berharap Masyarakat Bahagia Sambut Lebaran Dengan Bantuan Sosial Tunai HARIANHALUAN.COM - Kementerian Sosial ( Kemensos) melalui Menteri Sosial ( Mensos) Juliari P. Batubara menyalurkan secara simbolik bantuan sosial tunai (BST) kepada 253 kepala keluarga (KK) warga Cikampek, Kabupaten Purwakart.
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 21:02:41 WIB

    Pemerintah Berikan Bantuan untuk Peserta JKN-KIS Kelas III

    Pemerintah Berikan Bantuan untuk Peserta JKN-KIS Kelas III HarianHaluan.com - Pemerintah resmi menetapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 yang mengatur mengenai penyesuaian besaran iuran peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Kepa.
  • Rabu, 13 Mei 2020 - 20:38:04 WIB

    Gawat! WNI Ilegal di Malaysia akan Dapat Bantuan Pemerintah

    Gawat! WNI Ilegal di Malaysia akan Dapat Bantuan Pemerintah Kementerian Luar Negeri RI menyatakan seluruh warga Indonesia yang paling rentan terdampak penguncian wilayah (lockdown) virus corona (Covid-19) di Malaysia, termasuk WNI yang tidak mengantongi dokumen sah, berhak mendapat ba.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]