Kuning Telur Vs Putih Telur, Mana yang Lebih Sehat?


Selasa, 28 Januari 2020 - 08:39:29 WIB
Kuning Telur Vs Putih Telur, Mana yang Lebih Sehat? Ilustrasi

KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Telur adalah sumber protein yang baik jika dikonsumsi untuk sarapan atau sedang menjalani program diet. Di dalam telur, tersimpan banyak manfaat seperti protein, vitamin, dan juga lemak sehat.

Tapi, pada sebagian orang ada yang menyukai satu sisi telur saja, entah itu putih atau kuningnya. Sebenarnya bagian telur mana sih yang lebih sehat?

Dikutip dari Times of India, berikut perbandingannya.

1. Kalori

Dari segi kalori, kuning telur jauh lebih besar sekitar 55 kalori. Sedangkan putih telur hanya memiliki 17 kalori di setiap butirnya.

2. Zat besi

Kuning telur memiliki 93 persen zat besi di dalamnya. Sementara pada putih telur, hanya ada 7 persen.

3. Lemak

Pada kuning telur, lemak jenuh dan kadar kolesterolnya jauh lebih besar. Bahkan banyak yang menghindarinya karena takut rentan terhadap penyakit jantung.

Untuk putih telur, memang terkenal bebas lemak dan rendah kalori. Bagian ini banyak memberikan protein sehat tanpa ada embel-embel menambah kalori pada tubuh.

4. Vitamin

Meskipun lemaknya tinggi, tapi kuning telur tetap mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan putih telur. Kandungan nutrisinya antara lain Vitamin B6, B12, A, D, E dan K. Selain itu, juga kaya akan kalsium, magnesium, zat besi, kolin, karotenoid, dan selenium.

Tak hanya itu, karotenoid yang ada di dalam kuning telur juga membantu meningkatkan penglihatan, antioksidan, menangkal radikal bebas yang bisa merusak retina. Kolin juga memiliki sifat anti-inflamasi dan menjaga fungsi ja jantung.

Putih telur atau albumin juga tidak kalah sehat. Bagian ini bisa membantu untuk membangun otot dan menambah berat badan. Putih telur juga bisa membuat kenyang lebih lama.

Ini karena kandungan mineral dan kalium di dalamnya yang membantu mengurangi serta mempertahankan tekanan darah. Vitamin lainnya yaitu riboflavin juga membantu untuk mencegah katarak hingga sakit kepala migrain.

Kesimpulannya?

Kedua bagian telur itu harus dikonsumsi secara bersamaan dengan jumlah yang wajar tentunya. Meskipun kuning telur lebih banyak manfaatnya, tapi harus diseimbangkan dengan si putihnya biar nggak kena berbagai risiko penyakit karena terlalu banyak lemak jenuh.

Jadi, kamu tim putih atau kuning telur nih?

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]