Milenial Rentan Kena Skoliosis, Begini Penjelasan Dokter Ahli


Selasa, 28 Januari 2020 - 11:13:37 WIB
Milenial Rentan Kena Skoliosis, Begini Penjelasan Dokter Ahli Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Skoliosis adalah kelainan tulang belakang yang bengkok, biasanya terjadi pada anak-anak dan remaja. Namun demikian bukan berarti mereka yang sudah dewasa bisa bebas dari ancaman skoliosis ini.

Ahli ortopedi pendiri Schroth Best Practice (SBP) dari Jerman, Dr Hans-Rudolf Weiss, MD, mengatakan generasi milenial terutama rentan mengalami skoliosis. Alasannya karena gaya hidup yang banyak duduk dan jarang berolahraga tak baik untuk tulang belakang.

Menurut Dr Weiss skoliosis yang muncul di usia dewasa hingga tua akan lebih berbahaya karena biasanya akan terasa lebih menyakitkan. Terapinya juga lebih sulit daripada anak-anak karena kondisi tulang yang lebih rapuh.

"Postur duduk yang buruk dan tidak aktif ini adalah dua hal yang harus diketahui untuk skoliosis," kata Weiss saat ditemui detikcom pada Senin (27/1/2020).

"Saya selalu bilang ke pasien saya, usai perang dunia semua orang kerja aktif di luar untuk membangun Jerman tidak ada yang duduk. Kini yang banyak adalah pekerjaan kantoran, semua orang duduk tidak ada yang kerja fisik," lanjutnya.

Weiss menyarankan milenial benar-benar mulai memperhatikan kesehatan tubuhnya. Hanya dengan menyelipkan kebiasaan berdiri, peregangan, hingga jalan-jalan sedikit di kantor sudah cukup baik mencegah risiko skoliosis di usia tua nanti.

"Kadang pasien datang tulangnya sudah sangat kaku kami tak bisa lagi pasang brace," kata Weiss.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Januari 2020 - 09:02:18 WIB

    Milenial Disebut Lebih Cepat Meninggal dari Generasi Lain, Ini Alasannya

    Milenial Disebut Lebih Cepat Meninggal dari Generasi Lain, Ini Alasannya KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Banyak orang berpikir bahwa menjadi seorang milenial itu menyenangkan dan mengasyikkan. Generasi inilah yang melihat dan bahkan membuat banyak penemuan terbesar dan kemajuan teknologi yang mengub.
  • Jumat, 10 Januari 2020 - 18:11:42 WIB

    Generasi Milenial Harus Waspada 10 Penyakit Ini

    Generasi Milenial Harus Waspada 10 Penyakit Ini KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Generasi milenial sering kali dituntut untuk produktif, kreatif, bahkan melek terhadap teknologi masa kini. Kaum milenial saat ini juga suka terhadap hal-hal baru, seperti pengalaman, mencoba mak.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]