Israel Izinkan Warganya ke Saudi, Pemerintah Setempat Tetap Menolak


Selasa, 28 Januari 2020 - 11:34:42 WIB
Israel Izinkan Warganya ke Saudi, Pemerintah Setempat Tetap Menolak Ilustrasi

RIYADH, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Arab Saudi mengumumkan bahwa warga negara Israel tidak bisa melakukan kunjungan ke kerajaan tersebut untuk saat ini. Hal ini mengejutkan karena disampaikan setelah pemerintah Israel untuk pertama kalinya mengumumkan akan mengizinkan warga negaranya bepergian ke Arab Saudi.

Pada Minggu (26/1) waktu setempat, Menteri Dalam Negeri Israel, Aryeh Deri mengatakan warga muslim Israel secara resmi akan diperbolehkan bepergian ke Saudi untuk menjalankan ibadah haji dan umrah. Selama ini jemaah dari Israel melakukan ibadah haji dengan menggunakan dokumen sementara yang dikeluarkan oleh Yordania.

Selain perjalanan ibadah, warga Israel, baik muslim maupun yahudi juga diizinkan melakukan perjalanan bisnis dengan syarat mendapat undangan dari instansi resmi Saudi dan memiliki semua dokumen yang diperlukan.

Namun Menteri Luar Negeri (Menlu) Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan mengatakan kepada CNN pada Senin (27/1) waktu setempat, bahwa untuk saat ini warga Israel tidak bisa diterima di Saudi.

"Kebijakan kami adalah tetap. Kami tidak punya hubungan dengan Israel dan para pemegang paspor Israel tak bisa berkunjung ke kerajaan ini untuk saat ini," kata Menlu Saudi tersebut seperti dilansir AFP, Selasa (28/1/2020).

Belum diketahui bagaimana tanggapan pemerintah Israel atas pernyataan Menlu Saudi ini.

Seperti halnya kebanyakan negara-negara Arab, Saudi tidak mempunyai hubungan diplomatik resmi dengan Israel. Israel diketahui memiliki perjanjian perdamaian hanya dengan dua negara Arab -- Yordania dan Mesir -- namun pendudukan Israel di wilayah Palestina telah sejak lama menjadi faktor besar yang mencegah perjanjian serupa dengan negara-negara Arab lainnya.

Namun Israel telah berupaya membangun hubungan dengan negara-negara Teluk dalam beberapa bulan terakhir.(*)
 

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 07 Februari 2020 - 17:54:30 WIB

    Astagfirullah..! 2 Orang Tewas dan 16 Luka Ulah Kekejaman Israel

    Astagfirullah..! 2 Orang Tewas dan 16 Luka Ulah Kekejaman Israel YERUSALEM, HARIANHALUAN.COM -- Rangkaian aksi kekerasan kembali pecah di Israel dan Palestina setelah penasehat khusus dan anak mantu Presiden Donald Trump, Jared Kushner, memperkenalkan agenda perdamaian yang dia rancang..
  • Selasa, 19 November 2019 - 13:39:03 WIB

    Uni Eropa: Permukiman Israel di Wilayah Palestina Ilegal !

    Uni Eropa: Permukiman Israel di Wilayah Palestina Ilegal ! BRUSSELS,HARIANHALUAN.COM- Uni Eropa mendesak Israel mengakhiri kegiatan permukiman ilegalnya di wilayah Palestina. Uni Eropa kembali menegaskan permukiman Israel di wilayah Palestina yang diduduki adalah ilegal berdasarkan .
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 17:27:24 WIB

    Kedubes Israel se Dunia Tutup, Ada Apa?

    Kedubes Israel se Dunia Tutup, Ada Apa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kedutaan besar Israel di seluruh dunia tutup pada hari ini, Rabu (30/10). Penyebabnya adalah diplomat dan atase militer mereka melakukan mogok kerja karena berselisih dengan negara soal sejumlah bi.
  • Sabtu, 13 Juli 2019 - 21:55:34 WIB

    Israel Kembali Tembak Bocah Palestina

    Israel Kembali Tembak Bocah Palestina JAKARTA,HARIANHALUAN.COM–Tentara penjajah ‘‘Israel’’ lukai seorang anak-anak Palestina yang ikut serta dalam demonstrasi anti-penjajahan di kota Nablus..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM