Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-70, Tekad Bebas dari Semua Tindak Korupsi


Selasa, 28 Januari 2020 - 14:10:12 WIB
Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-70, Tekad Bebas dari Semua Tindak Korupsi Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-71.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Jajaran Imigrasi Kelas I TPI Padang melaksanakan upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-70 tahun 2020, Senin (27/1). Upacara yang dipusatkan di halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang tersebut, dipimpin langsung Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar, Suharman.

Pada momen peringatan HBI ke-70 tahun 2020 ini, jajaran Imigrasi Kelas I TPI Padang juga melakukan syukuran sekaligus Penandatanganan Pakta Integritas dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Kakanwil Kemenkumham Sumbar Suharman saat membacakan pidato sambutan Menkumham RI menyampaikan, dalam fungsi pelayanan Keimigrasian, Dirjen Imigrasi berhasil membangun kerja sama yang baik untuk membuka titik-titik baru pelayanan Keimigrasian seperti Unit Kerja Imigrasi, Unit Layanan Paspor dan Mall Pelayanan Publik.

Dikatakannya, terdapat 11 Unit Kerja Kantor Imigrasi, 20 Unit Layanan Paspor, 5 Mall Pelayanan Publik, dan 13 Layanan Terpadu Satu Pintu hingga tahun 2019. "Hal ini merupakan wujud nyata keberhasilan kerja sama antara Dirjen Imigrasi dengan pemerintah daerah dan kementerian atau lembaga lainnya," ungkapnya.

Selain itu, sambung Suharman, di tahun 2019 Paspor Elektronik RI mendapatkan sertifikat Public Key Directory (PKD) dari International Civil Aviation Organization (ICAO) dan memperoleh pengakuan dari 68 negara anggota ICAO.

"Sementara di bidang pelaksanaan reformasi birokrasi, tahun 2019 Dirjen Imigrasi berhasil meraih 3 predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani dan 21 Wilayah Bebas dari Korupsi. Hal ini sangat membanggakan dan merupakan sebuah hadiah yang besar bagi seluruh insan imigrasi," katanya.

Lebih lanjut, dalam fungsi penegakan hukum Keimigrasian, Dirjen Imigrasi tetap giat melaksanakan penegakan hukum di bidang keimigrasian dan melaksanakan tugas dalam hal pengawasan terhadap lalu lintas orang keluar dan masuk serta kegiatan mereka selama berada di wilayah Indonesia.

"Hal ini ditandai dengan pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) yang dilaksanakan secara bertahap hingga ke level kecamatan pada masing-masing wilayah kerja. Melaksanakan filterisasi terhadap orang-orang yang melintas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi, dan melakukan pembaharuan kesisteman khususnya terhadap Sitem Informasi Manajemen Keimigrasian," tukas Suharman.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Muhammad Novyandri berharap dengan telah dilakukannya penandatanganan pakta integritas dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang ke depan bisa meraih WBK. "Itu harapan kami, sehingga Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang bisa betul-betul bebas dari segala bentuk korupsi," katanya. (*)

loading...
 Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]