Surat Edaran Pendistribusian BBM Tanah Datar Keluar, SPBU Diingatkan Jamin Ketersediaan BBM


Selasa, 28 Januari 2020 - 14:49:28 WIB
Surat Edaran Pendistribusian BBM Tanah Datar Keluar, SPBU Diingatkan Jamin Ketersediaan BBM Terlihat antrean panjang di salah satu SPBU di Kota Padang. HELDI SATRIA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Bupati Irdinansyah Tarmizi mengeluarkan surat edaran tentang pendistribusian jenis bahan bahan bakar minyak (BBM) tetentu, jenis BBM khusus penugasan/bensin ron 88 di Tanah Datar, sebagai tindak lanjut dari edaran Gubernur Sumatera Barat nomor 500/1115/Perek-Sarana/2019, 22 November 2019. Hal ini disampaikan Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, Selasa (28/1).

Yusrizal

Yusrizal mengatakan, edaran bupati Tanah Datar nomor 500/132/Perek dan SDA-2020, 21 Januari 2020 berlaku efektif pada 1 Februari 2020, memuat tujuh poin mengatur tentang larangan dan ketentuan kendaraan yang bisa memakai jenis BBM tertentu/solar bersubsidi dan jenis BBM khusus penugasan/bensin ron 88 serta imbauan kepada SPBU untuk menjamin ketersediaan BBM bersubsidi.

Ditambahkan, edaran ini ditujukan kepada kepala perangkat daerah, kepala instansi vertikal, pimpinan BUMN/BUMD, wali nagari dan pimpinan SPBU se-Tanah Datar.

"Lima poin utama dimaksud meliputi, kendaraan dinas milik instansi pemerintah, pemerintah provinsi, Pemkab Tanah Datar, kabupaten/kota lainnya, BUMN, BUMD dan TNI/Polri, dilarang menggunakan BBM tertentu yaitu solar bersubsidi maupun BBM khusus penugasan (bensin ron 88), kecuali kendaraan untuk pelayanan umum tertentu seperti mobil ambulance, mobil jenazah, mobil pemadam kebakaran, alat berat pada Dinas PUPR, penanggulangan bencana/rescue, genset dan mobil pengangkut sampah," ujarnya.

Kemudian lanjutnya, yang kedua, kendaraan milik perusahaan (plat kuning) yang digunakan untuk mengangkut hasil kegiatan pertanian, perkebunan, kehutanan dan pertambangan baik dalam kondisi bermuatan atau tidak bermuatan dengan jumlah roda enam atau lebih juga dilarang menggunakan jenis ini, konsumen pengguna untuk keperluan usaha mikro, usaha perikanan, usaha pertanian, transportasi air dan pelayanan umum tanpa menggunakan Surat Rekomendasi dari Instansi yang berwenang.

Kendaraan yang dapat menggunakan jenis BBM tertentu (solar bersubsidi) maupun jenis BBM khusus penugasan adalah kendaraan yang telah lunas pajak kendaraan bermotor dengan verifikasi oleh Unit Pelayanan Teknis SAMSAT Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Tanah Datar.

Poin lima, SPBU wajib menyediakan dan menjamin ketersediaan jenis BBM tertentu maupun jenis BBM khusus penugasan agar tidak terjadi antrean di SPBU.
“Kepada semua pihak terkait agar dapat mempedomani dan melaksanakan imbauan ini,” ujarnya. (h/fma)

 

 

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 20 Mei 2020 - 10:33:59 WIB

    Berikut Isi Surat Edaran Bupati Pessel Terkait Salat Idul Fitri 1441 Hijriah

    Berikut Isi Surat Edaran Bupati Pessel Terkait Salat Idul Fitri 1441 Hijriah HARIANHALUAN.COM - Beberapa hari lagi Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah akan datang. Biasanya masyarakat melakukan salat Ied di lapangan terbuka, namun di tengah pandemi saat sekarang ini pemerintah pusat maupun daerah memili.
  • Ahad, 05 Maret 2017 - 11:59:28 WIB

    Didugat, KPU Payakumbuh Tunggu Surat Resmi

    Didugat, KPU Payakumbuh Tunggu Surat Resmi PAYAKUMBUH, HALUAN – Menanggapi permohonan gugatan pelaksanaan dan hasil rekapitulasi suara suara Pilkada Kota Payakumbuh yang diajukan oleh tim sukses Paslon no urut 3, Suwandel Muchtar – Fitrial Bachri (W-Fi) ke Mahkama.
  • Kamis, 25 Agustus 2016 - 03:57:30 WIB

    Dedi Irawan: Surat DPP Golkar Sah dan Legal

    BUKITTINGGI, HALUAN—Surat Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Golkar yang mengins­truksi­kan segera dilaksanakan Musyawarah Daerah Luar­biasa (Musdalub) Propinsi Sumbar, adalah sah, valid dan legal sebagai garis kebi­jaka.
  • Senin, 15 Agustus 2016 - 05:11:00 WIB
    MERASA MENUMPANG DI AREAL HGU

    Pemkab Solsel Ajukan Surat Izin ke PT MK

    SOLSEL, HALUAN — Pe­merintah Solok Selatan (Solsel) merasa saat ini pihaknya seolah menumpang di areal Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan peng­hasil teh, PT Mitra Kerinci (MK). Ini terkait juga dengan 13 syarat izin melakuka.
  • Selasa, 07 Juni 2016 - 02:27:02 WIB

    Polres Sawahlunto Keluarkan 363 Surat Tilang Selama OP

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Selama Ope­rasi Patuh (OP) yang digelar oleh jajaran Satuan lalulintas Polres Sawahlunto setidaknya 363 surat tilang diberikan kepada para pengendara ken­daraan yang terjaring razia. Sementara 262 pet.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]