Minta Masyarakat Jangan Paranoid, Dirut RSUP M. Djamil : Kita Sudah Siapkan 2 Ruang Isolasi Khusus


Selasa, 28 Januari 2020 - 16:21:28 WIB
Minta Masyarakat Jangan Paranoid, Dirut RSUP M. Djamil : Kita Sudah Siapkan 2 Ruang Isolasi Khusus Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kementerian Kesehatan RI, dr Patisellano Robert Johan, MARS didampingi Direktur Utama, Dr. dr. Yusirwan, Sp.B, Sp.BA (K), MARS serta jajaran terkait saat mengelar pertemuan di RSUP M Djamil, Selasa (28/1/2020). Foto/Milna Miana

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M. Djamil Padang telah menyiapkan dua ruangan khusus diperuntukannya bagi pasien virus Corona. Pasalnya, virus itu diketahui dapat menimbulkan wabah penyakit serupa pneumonia berat di sebagian wilayah China.

Direktur Utama, dr. Yusirwan, Sp.B, Sp.BA (K), MARS mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan ruangan khusus untuk mereka yang terinfeksi virus corona. Meskipun telah mempersiapkan, namun dia berharap masyarakat Sumbar tidak ada yang terjangkit penyakit tersebut.

"Kita ada ruangan isolasi, ada 6 ruangan yang kita siapkan, dua diantaranya kita khususkan untuk penanganan virus corona ini jika ada masyarakat yang terjangkit," kata dr. Yusirwan saat ditemui awak media di RSUP Dr. M. Djamil, Senin (28/1/2020).

Untuk itu, dr. Yusirwan mengimbau masyarakat wajib waspada tapi jangan paranoid. Sebab, dr. Yusirwan mengatakan, tim dokter yang ada di rumah sakit M. Djamil sudah berpengalaman menghadapi kasus-kasus penyakit mewabah seperti flu burung, babi, Mers dan lainnya.

"Jadi tim ini dari tim yang sudah ada sebelumnya. Mereka sudah berpengalaman menangani kasus seperti flu burung, Mers dan lainnya. Masyarakat jangan paranoid," kata Yusirwan.

Sementara itu jajaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengecek kesiapsiagaan daerah di Indonesia dalam mengantipasi virus corona. Adapun pengecekan itu dilakukan di Rumah Sakit M Djamil.

"Kami ingin melihat kesiapsiagaan didaerah mengantisipasi masuknya virua corona ini. Baik itu pemasangan alat pendeteksi di bandara maupun kesiapan ruangan isolasi di rumah sakit. Dari hasil pantauan kita di Sumbar kesiapan yang dilakukan di sini sangat baik," ujar Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kementerian Kesehatan RI, dr. Patisellanno Robert Johan, MARS.

Kemudian, pada rumah sakit M. Djamil Padang kesiapan sudah sesuai dengan prosedur yang diminta, bahkan ruangan isolasi yang ada sudah disiapkan. Selain itu, dr. Patisellanno juga meminta masyarakat tidak perlu resah dengan adanya virus corona ini. Namun, pihaknya meminta masyarakat selalu waspada.

"Kewaspadaan kita dengan menjaga kesehatan, dan untuk di Indonesia belum ada terkonfirmasi pasien di beberapa rumah sakit yang terkena virus corona tersebut," tutur dr. Patisellanno

Dr. Patisellanno berharap virus corona itu tidak masuk ke Indonesia, oleh karena itu segala bentuk antisipasi selalu dilakukan lintas sektoral, baik itu kementerian maupun rumah sakit. (*)

Reporter : Milna /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]