50 Persen Ahli Waris Sudah Lunasi Tunggakan Pajak Makam di Padang


Selasa, 28 Januari 2020 - 18:12:13 WIB
50 Persen Ahli Waris Sudah Lunasi Tunggakan Pajak Makam di Padang Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengatakan bahwa pembayaran tunggakan makam mulai membuahkan hasil. Pasalnya, dari 3.200 makam yang menunggak, saat ini sudah lebih dari 2.200 makam yang membayar.

"Sudah lebih dari 50 persen yang membayar tunggakan dalam waktu sekitar lima bulan. Sekitar 1.000 makam lagi yang sedang dalam masa proses. Baik proses pencarian data ahli warisnya, maupun penusuran kerabat dengan cara persuasif. Karena menurut kami bukan mereka tidak mau membayar namun mungkin karena kesibukan atau rutinitas yang menjadikannya lupa," terang Mairizon pada harianhaluan.com, Selasa (28/1).

Ia menyebutkan, saat ini tahapannya masih dalam hal pendekatan kepada ahli waris. Namun, jika tidak dilunasi juga memang jalan terakhirnya diputihkan atau dibongkar.

"Namanya makam pasti mempunyai nilai agama, budaya dan sangat sakral. Untuk itu, kami saat ini terus mencoba mencari, menusuri ahli warisnya. Pemutihan itu kata terakhir jika memang harus dilakukan," lanjut Mairizon.

Mairizon juga menyebutkan, retribusi yang harus dibayar sebetulnya tidaklah banyak. Ahli waris harus membayar sekitar Rp150.000 untuk dua tahun sekaligus.

"Jika kita lihat nominalnya kami tasa ahli waris tidak akan keberatan. Namun mungkin karena kesibukan atau lain hal maka bisa saja terlupa. Ini yang sedang kami ingatkan kembali," tambahnya.

Ia juga mengaskan, jika memang dari pihak ahli waris sendiri yang keberatan dan tidak mau melunasi maka jalan terakhir akan dibongkar atau ditopang sarikan. Topang sari bisa dilakukan untuk kerabat yang punya makam tersebut.

"Sejauh ini jika data yang kami temui lengkap dan tepat sasaran maka akan langsubg dilunasi. Belum ada ditemui yang tidak mau membayar, yang ada hanya lupa atau ada ahli waris yang sudah pindah-pindah sehingga tidak terfikirkan lagi kewajibannya. Itu yang kami dorong dan selesaikan dengan cara yang baik," tandasnya. (h/win)

 

Reporter : Rahma Winda /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]