Turis China Datang ke Sumbar, Begini Respon Menkes Terawan Agus Putranto


Selasa, 28 Januari 2020 - 19:08:28 WIB
Turis China Datang ke Sumbar, Begini Respon Menkes Terawan Agus Putranto Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, tidak semua yang datang dari China pasti membawa virus corona. Meskipun virus itu pertama kali menyebar di Wuhan, China, belum tentu semua penduduk di kota atau negara tersebut terpapar virus.

Pernyataan Terawan ini menanggapi kedatangan 150 turis asal Kota Kunming, China, yang pada Minggu (26/1/2020) mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat.

"Bahwa kita ingat tidak semua yang datang itu pasti suatu penyakit, tidak," kata Terawan di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020). 

Terawan mengatakan, menanggapi kekhawatiran masyarakat atas kedatangan 150 turis asal China ini, dua orang stafnya telah melakukan pengecekan langsung ke Sumatra Barat. Oleh Kemenkes, masyarakat diminta untuk tetap tenang karena turis-turis tersebut belum tentu membawa virus corona.

Di samping itu, Kemenkes juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan secara ketat pada seluruh turis ini. "Kementerian kesehatan datang untuk mengecek kembali, mensupport bagaimana pintu-pintu gerbang itu dijaga betul-betul dengan baik," ujar Terawan. 

Lebih lanjut, Terawan meminta masyarakat untuk melihat secara rasional persoalan virus corona ini. 

"Saya kira perlu kita bersama-sama melihat secara rasional apa yang harus dilakukan," katanya.(*)


 

 Sumber : Kompas.com /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 09 Februari 2020 - 01:07:29 WIB

    Turis Sepi Gegara Corona, Media Asing Sebut Bali Kota Hantu

    Turis Sepi Gegara Corona, Media Asing Sebut Bali Kota Hantu JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Larangan terbang yang diberlakukan pemerintah Indonesia dari dan ke China menyusul merebaknya wabah Virus Corona menampar sektor pariwisata. Salah satunya di Bali..
  • Senin, 03 Februari 2020 - 20:40:06 WIB

    Dampak Corona, Luhut: Turis ke Bali Sepi, Manado Habis!

    Dampak Corona, Luhut: Turis ke Bali Sepi, Manado Habis! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan wabah virus corona berdampak signifikan pada industri pariwisata, termasuk wisata di Indonesia..
  • Ahad, 26 Januari 2020 - 20:17:03 WIB

    #TolakSementaraTurisChina Bergema, Ini Kata Anggota DPR RI

    #TolakSementaraTurisChina Bergema, Ini Kata Anggota DPR RI JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tagar #TolakSementaraTurisChina menjadi trending topic di Twitter akhir pekan ini. Tagar tersebut muncul tidak terlepas dari mewabahnya virus Corona di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China..
  • Selasa, 28 Mei 2019 - 20:04:00 WIB

    OTT KPK Terhadap 8 Pejabat Imigrasi NTB Terkait Suap Izin Tinggal Turis Mencapai Rp1 Miliar

    OTT KPK Terhadap 8 Pejabat Imigrasi NTB Terkait Suap Izin Tinggal Turis Mencapai Rp1 Miliar HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan pejabat Imigrasi Mataram, NTB, terkait dugaan suap. Diduga nilai suap terkait pengurusan izin tinggal turis di NTB mencapai Rp 1 miliar..
  • Kamis, 24 Maret 2016 - 04:03:19 WIB
    Dampak Unjuk Rasa

    Turis Batalkan City Tour di Jakarta

    JAKARTA, HALUAN — Sejumlah wisatawan mancanegara (wisman) dikabarkan membatalkan perjalanan wisata akibat dampak unjuk rasa pengemudi angkutan umum di beberapa titik di kota Jakarta, Selasa (22/3) lalu. .

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM