Hong Kong Tutup Perbatasan dengan China Terkait Virus Corona


Selasa, 28 Januari 2020 - 20:35:24 WIB
Hong Kong Tutup Perbatasan dengan China Terkait Virus Corona Hong Kong akan menutup perbatasan dengan China terkait penyebaran virus corona.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemimpin Eksekutif Hong Kong Carrie Lam memaparkan pemerintahannya akan menutup beberapa perbatasan dengan China sementara waktu menyusul penyebaran virus corona yang kian memburuk.

Selain perbatasan, Lam mengatakan Hong Kong juga menyetop pemberian izin perjalanan bagi warga China ke wilayahnya.

"Empat perbatasan darat (dengan China) akan ditutup mulai tengah malam waktu lokal pada Kamis, 30 Januari 2020, sampai pemberitahuan lebih lanjut," kata Lam dalam jumpa pers di kantornya, Selasa (28/1).


Penutupan empat perbatasan itu membuat orang-orang tak bisa berpergian dari atau menuju China dan Hong Kong melalui Stasiun West Kowloon, Hung Hom, Sha Tau kok, dan Man kam To.

Lam mengatakan layanan kereta api antar China-Hong Kong dari West Kowloon dan Stasiun Hung Hom akan dihentikan sepenuhnya untuk sementara waktu. Kedua stasiun itu mengoperasikan kereta cepat menuju China.

Lam menuturkan pihak berwenang Hong Kong juga akan menutup dua perbatasan laut dengan China yakni Terminal Ferry Tuen Mun dan Terminal Ferry China.

Ia juga menuturkan Hong Kong akan menyetop 50 persen penerbangan dari daratan China.

Dilansir dari Hong Kong merupakan salah satu kota terpadat di dunia, di mana kondisi ideal bagi virus dapat menyebar luas dengan cepat.

Langkah besar ini dilakukan Hong Kong demi menghindari kejadian serupa berulang saat wabah virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) merebak di wilayah itu pada 2002 dan 2003. 

Saat itu, sekitar 1.750 orang terinfeksi SARS, dan lebih dari 280 orang di Hong Kong meninggal karena penyakit tersebut.

Kasus penyebaran virus corona pertama kali dikonfirmasi pada 31 Desember lalu. Wabah virus corona diduga pertama menyebar dari pasar ikan dan hewan yang berada di tengah kota Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, China.

Hingga kini, jumlah warga di Negeri Tirai Bambu yang terinfeksi virus tersebut naik drastis menjadi 4.515 orang. Per Selasa (28/1) jumlah korban meninggal akibat virus corona di China mencapai 106 orang.

Di Provinsi Hubei, sebanyak 24 orang dilaporkan meninggal, dan 1.291 terinfeksi virus corona. Di Hong Kong sendiri sudah ada delapan kasus virus corona ditemukan.

Selain di China dan Hong Kong, kasus virus corona telah merebak ke Macau, Australia, Kamboja, Kanada, Prancis, Jerman, Jepang, Malaysia, Nepal, Singapura, Korea Selatan, Sri Lanka, Thailand, Taiwan, Amerika Serikat, dan Vietnam dengan total 4.583 kasus. (h/cnn)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Februari 2020 - 23:41:58 WIB

    Sebar Berita Bohong Virus Corona, Dua Ibu Rumah Tangga Jadi Tersangka

    Sebar Berita Bohong Virus Corona, Dua Ibu Rumah Tangga Jadi Tersangka  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Dua  ibu rumah tangga, KR dan FB ditetapkan sebagai  tersangka kasus penyebaran berita hoaks terkait adanya suspect Virus Korona di RS KD  Balikpapan..
  • Senin, 03 Februari 2020 - 20:01:16 WIB

    Hong Kong Tutup 10 Titik Perbatasan dengan China

    Hong Kong Tutup 10 Titik Perbatasan dengan China HONGKONG, HARIANHALUAN.COM -- Pemimpin Eksekutif Hong Kong Carrie Lam mengumumkan penangguhan 10 penyeberangan perbatasan dari total 13 dengan daratan Cina, Senin (3/2). Keputusan itu diambil dalam upaya untuk mengekang penye.
  • Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:07:40 WIB

    Crazy Rich Indonesian Buruan Hong Kong? Ini Ungkap KJRI

    Crazy Rich Indonesian Buruan Hong Kong? Ini Ungkap KJRI JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -Konsulat Jenderal RI di Hong Kong buka suara soal kasus warga Indonesia Azura Luna Mangunhardjono yang tengah diburu kepolisian Hong Kong karena dugaan penipuan dan pencurian bernilai hingga US$500 .
  • Selasa, 24 September 2019 - 20:37:56 WIB

    Jorong Batu Balang Buncah, Jehong Ditemukan Tewas di Lapangan Bola

    Jorong Batu Balang Buncah, Jehong Ditemukan Tewas di Lapangan Bola SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Warga Jorong Batu Balang buncah. Sesosok jasad pria ditemukan warga di lapangan bola kaki Koto Tuo Jorong Batu Balang Kenagarian Limo Koto  Kecamatan Koto VII, Selasa (24/9) sekitar pukul 08.3.
  • Ahad, 01 September 2019 - 07:13:18 WIB

    Demo Rusuh! Pagi ini Hong Kong Membara

    Demo Rusuh! Pagi ini Hong Kong Membara HONG KONG, HARIAN HALIUAN.COM-Api berkobar di beberapa lokasi di  Hong Kong sejak Sabtu hingga pagi ini. Kondisi semakin rusuh saat  para demonstran yang hendak membakar benda-benda dan melempar bom molotov  bentrok dengan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]