Didesain untuk Agenda Liberalisasi, Muhammadiyah Tolak Keras RUU Omnibus Law


Selasa, 28 Januari 2020 - 22:03:12 WIB
Didesain untuk Agenda Liberalisasi, Muhammadiyah Tolak Keras RUU Omnibus Law Konferensi pers PP Muhammadiyah didamping ICW,WALLHI, dan perwakilan aktivis lainnya. (foto Antara)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menolak keras Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja jika regulasi itu dirancang sebagai sarana liberalisasi sumber daya alam dan memuluskan kepentingan segelintir investor.

Hal itu ditegas PP Muhammadiyah pada konferensi pers, Selasa (28/1/2020).  Tidak tanggung-tanggung,  PP  Muhammadiyah  pada Konfres ini juga didampingi WALHI, ICW, Aliansi Masyarakat Nusantara, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia dan elemen terkait lainnya.

 Ketua Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah, Trisno Raharjo menuturkan, terdapat indikasi bahwa RUU itu bertentangan dengan kedaulatan rakyat dan sila kelima Pancasila.

“Menolak keras jika RUU Omnibus Law Cilaka (Cipta Lapangan Kerja) didesain untuk kelancaran agenda liberalisasi sumber daya alam negara dan menguntungkan kepentingan ekonomi segelintir pemodal,” kata Trisno dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Sementara, Ketua Bidang Hukum dan HAM PP Muhammadiyah, Busyro Muqoddas mengatakan, hingga saat ini pembahasan Omnibus Law tidak terbuka. Itu karena naskah akademik draf regulasi tersebut memang tidak pernah dibuka secara transparan kepada publik.

“Sampai sekarang semua yang hadir di sini tadi tidak menemukan naskah akademik,” kata Busyro. 

Busyro mengatakan hingga saat ini belum mendapatkan keterangan soal naskah akademik RUU tentang Omnibus Law meski sudah meminta ke pemerintah. Dalam pernyataan resminya, Kemenko Perekonomian sebagai unsur utama RUU CILAKA juga tidak secara transparan membuka naskah akademiknya. (*)

 Sumber : Inews /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]