Harun Masiku Bisa Buron, ICW: Seharusnya Menkum HAM Yasonna yang Dicopot 


Selasa, 28 Januari 2020 - 22:26:40 WIB
Harun Masiku Bisa Buron, ICW: Seharusnya Menkum HAM Yasonna yang Dicopot  Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoy hadir mendampingi Tim Hukum PDI P pada konferensi pers. ( dok.harianPijar)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-- Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly  telah memberhentikan Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie. Namun  Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramdhani menilai tak tepat hanya Dirjen Imigrasi saja yang dicopot.

Dalam konteks kasus buronnya Harun Masiku, Kurnia menilai, seharusnya Yasonna yang dicopot dari jabatannya.

"Lebih baik Yasonna Laoly juga dicopot oleh Presiden Jokowi," tegas Kurnia  dikutip republika.co.id , Selasa (28/1).

Sebab, lanjut Kurnia, bagaimanapun Yasonna-lah yang merupakan otoritas tertinggi Kementerian Hukum dan HAM. 

Kurnia juga menilai Yasonna telah berkata tidak sesuai dengan fakta terkait keberadaan Harun Masiku.

"Jadi harusnya Yasonna ikut bertanggung jawab atas situasi hari ini. Efek dari kekeliruan data tersebut amat krusial, kerja penegak hukum jadi terganggu karena mempercayai begitu saja pernyataan Yasonna," tegas Kurnia lagi.

Sebelumnya,  Menteri Hukum dan HAM Yasonna telah mencopot Direjen Imigrasi  Ronny Sompie  dan  Direktur Sisdik Ditjen Imigrasi. 

Terkait kasus Harun Masiku, Yasonna menegaskan, dirinya tidak memiliki konflik kepentingan dalam kasus tersebut. Yasonna juga menegaskan dirinya tidak mencoba merintangi pengungkapan kasus tersebut. (*)

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 April 2020 - 10:56:54 WIB

    Erick Thohir Masih Bermanuver: Refly Harun hingga Bos BUMN Puasa THR

    Erick Thohir Masih Bermanuver: Refly Harun hingga Bos BUMN Puasa THR JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, belum bosan melakukan penyegaran dan terobosan di kementeriannya. Teranyar, Erick mencopot Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun, dari jabatan .
  • Ahad, 12 April 2020 - 18:13:09 WIB

    Soal Perppu Corona, Refly Harun: Korupsi di Tengah Bencana Dihukum Mati

    Soal Perppu Corona, Refly Harun: Korupsi di Tengah Bencana Dihukum Mati JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perppu Corona digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) dkk karena dinilai ada pasal yang 'membolehkan korupsi' di masa krisis. Di sisi lain, pengamat hukum .
  • Senin, 24 Februari 2020 - 19:21:32 WIB

    Harun Masiku Sudah Ditembak Mati?

    Harun Masiku Sudah Ditembak Mati? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Demokrat Benny K Harman mengatakan terdapat tiga spekulasi keberadaan tersangka suap Harun Masiku, yang menjadi buron hingga saat ini. Benny menyebut spekulasi pe.
  • Senin, 24 Februari 2020 - 18:29:46 WIB

    Bahas Harun Masiku Buron, Benny K Harman Heran Wajah Yasonna Pucat

    Bahas Harun Masiku Buron, Benny K Harman Heran Wajah Yasonna Pucat JAKARTA,HARIANHALUAN.COM -- Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyatakan tak akan mempertaruhkan integritas dirinya hanya karena masalah mantan calon anggota legislatif Harun Masiku, yang informasi keberadaannya sempat simp.
  • Rabu, 05 Februari 2020 - 21:28:20 WIB

    Perintah Kapolri pada 34 Polda dan 504 Polre: Buru Harun Masiku! 

    Perintah Kapolri pada 34 Polda dan 504 Polre: Buru Harun Masiku!  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis   telah memerintahkan seluruh anggota di 34 Polda dan 504 Polres di Indonesia untuk memburu Harun Masiku..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]