Padang Pariaman Diguyur Hujan Lebat, Jalur Utama Sikucur Lumpuh Total Tertimbun Longsor


Rabu, 29 Januari 2020 - 10:00:15 WIB
Padang Pariaman Diguyur Hujan Lebat, Jalur Utama Sikucur Lumpuh Total Tertimbun Longsor Warga bersama petugas berupaya membersihkan material longsor di Jalur Utama Nagari Sikucur, Padang Pariaman. foto YUHENDRA-HARIANHALUAN.COM

PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Hujan lebat menguyur Padang Pariaman mengakibatkan longsor di jalur utama, Korong Sungai Janiah, Nagari Sikucur, Kampung Dalam, mengakibatkan akses tidak bisa dilewati sama sekali.

"Kejadian ini terjadi dini hari tadi, disebabkan karena hujan lebat yang terjadi sehingga longsor menimbun badan jalan," kata Wali Nagari, Sikucur Melfi Ardi di temui dilokasi longsor, Rabu (29/1).

Ia mengatakan dengan tertimbunya badan jalan oleh material longsor ini mengakibatkan akses jalan yang menghubungkan lima nagari itu tidak bisa dilewati sama sekali.

"Ini adalah akses vital, dan menghubungkan lima nagari di Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda dua atuapun roda emoat," ujarnya.

Saat ini masyarakat dibantu oleh TNI dan Polri melakukan evakuasi material longsor, pihak nagari telah melapor kepada BPBD Padang Pariaman. Namun karena kejadian ini terjadi di beberapa titiak di Padang Pariaman maka masyarakat setempat melakukan evakuasi langsung.

"Kita sudah laporkan ke BPBD Padang Pariaman, hingga saat ini evakuasi ini dilakukan oleh masyarakat, TNI dan Polri," ujarnya.

Selain di Lokasi ini, di Nagari Sikucur juga ada satu titik lagi longsor. Besaran longsornya diperkirakan sama dengan dijalur utama ini.

Pantauan dilapangan, masyarakat saat ini tengah melakukan evakuasi dengan menggunakan peralatan milik masyarakat, membersihian material longsor.

Tidak hanya badan jalan, longsor juga berdampak pada sebidang sawah masyarakat, dan juga kabel listrik, sehingga PLN harus memutuskan aliran listrik didaerah tersebut.(h/hen).

Reporter : YUHENDRA /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 04 Juni 2020 - 20:31:45 WIB

    Diduga Gelapkan Mobil, Oknum PNS Lapas Agam Dibekuk di Padang

    Diduga Gelapkan Mobil, Oknum PNS Lapas Agam Dibekuk di Padang HALUANHARIAN.COM -- Diduga melakukan penggelapan, oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Lubuk Basung, Kabupaten Agam, ditangkap kepolisian Polsek Koto Tangah..
  • Kamis, 04 Juni 2020 - 08:28:25 WIB

    Terdampak Covid-19, Sopir Angkot di Padang Ini Mencuri Handphone

    Terdampak Covid-19, Sopir Angkot di Padang Ini Mencuri Handphone HARIANHALUAN.COM - Seorang sopir angkot jurusan Indarung-Pasar Raya Padang ditangkap oleh unit Opsnal Reskrim Polsek Lubukkilangan dalam kasus pencurian HP. Tersangka saat ini sudah diamankan di Polsek Lubuk Kilangan dengan b.
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 23:05:18 WIB

    Ini Nama-nama Korban Jembatan Ambruk di Padang Pariaman

    Ini Nama-nama Korban Jembatan Ambruk di Padang Pariaman HARIANHALUAN.COM - Peristiwa ambruknya jembatan Kayu Gadang, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman saat dilakukan pembongkaran hingga menimbulkan satu meninggal dan empat luka berat sudah ditangani oleh pihak berwe.
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 19:17:24 WIB

    Ini Kronologis Jembatan Alternatif Ambruk di Padang Pariaman

    Ini Kronologis Jembatan Alternatif Ambruk di Padang Pariaman HARIANHALUAN - Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Padang Pariaman, Budi Mulya sebut jembatan Kayu Gadang, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, ambruk saat dilakukan pembongkaran hingga menimbulkan lima korban..
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 18:44:58 WIB

    Jembatan Alternatif Putus di Padang Pariaman, Seorang Pekerja Meninggal

    Jembatan Alternatif Putus di Padang Pariaman, Seorang Pekerja Meninggal HARIANHALUAN.COM -- Jembatan alternatif yang menghubungkan jalan ke Stadion Utama Sumbar di daerah Sikabu, Kecamatan Lubuak Aluang, Kabupaten Padang Pariaman dilaporkan putus pada Selasa (2/6/2020) sekitar pukul 16.00 WIB. In.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]