Pemkab dan Dinkes Pasbar Gencarkan Penyuluhan untuk Antisipasi Covid-19


Rabu, 29 Januari 2020 - 10:54:48 WIB
Pemkab dan Dinkes Pasbar Gencarkan Penyuluhan untuk Antisipasi Covid-19 ilustrasi. Net

PASBAR,HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) lakukan penyuluhan dengan cara mengajak masyarakat untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat keseluruh Puskesmas yang ada untuk mengantisipasi masuknya virus corona di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Selasa (28/1/2020).

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Pasbar, Dian Leonita kepada awak media mengatakan, dalam rangka melakukan pencegahan dan antisipasi terhadap virus corona yang melanda Negara China saat ini, pemerintah daerah melalui Dinkes melakukan penyuluhan ke semua Puskesmas yang ada meskipun hingga saat ini belum ada masyarakat yang terserang virus mengerikan itu.

"Kita telah melakukan penyuluhan sekaligus pengecekan diseluruh puskesmas dan rumah sakit, hingga hari ini belum menemukan adanya warga yang terindikasi mengidap virus corona," katanya.

Ditambahkan, meskipun belum ada yang terserang virus corona, namun sebagai antisipasi mari kita budayakan pola hidup sehat dan bersih, serta agar secepat mungkin melakukan pengecekan kepuskesmas terdekat kalau menemukan gejala yang menyerupai virus corona tersebut.

"Kita telah mengintruksikan setiap puskesmas agar selalu malakukan pemantawan yang intensif terhadap masyarakat dan mengajak masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat, bersih, mencuci tangan saat akan makan serta segera bertindak cepat jika menemukan indikasi terhadap virus tersebut,"ujarnya.

Ditempat terpisah, Bupati Pasbar H. Yulianto menghimbau agar masyarakat tetap tenang, namun apabila menemukan indikas yang menyerupai virus corona terhadap diri sendiri atau keluarga dan masyarakat, agar segera melapor dan segera memeriksakan diri kerumah sakit atau puskesmas.

"Mari secara bersama kita  mengantisipasi penyebaran virus corona ini dengan cara waspada sedini mungkin dan tidak mudah terpengaruh isu atau berita bohong," ajak Bupati

Ditambahkan, sebagai langkah pencegahan yang jitu terhadap serangan virus, masyarakat harus menerapkan pola hidup bersih, kemudian menutup mulut apabila sedang bersin, disisi lain masyarakat yang ingin berpergian diluar ruangan harus menggunakan masker atau penutup mulut lainnya," jelas Dian.

"Mari kita terapkan pola hidup sehat, saya juga selaku Bupati Pasbar selalu memantau perkembangan dan dampak dari virus corona ini untuk mengambil langkah-langkah untuk antisipasi masuknya virus tersebut ke Pasbar ini,"Ajak Yulianto. 

Reporter : Osn /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 17:50:09 WIB

    Pemkab Solok Selatan Perpanjang PSBB hingga 7 Juni

    Pemkab Solok Selatan Perpanjang PSBB hingga 7 Juni HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan (Solsel) memilih untuk melanjutkan PSBB hingga 7 Juni 2020 sembari mempersiapkan New Normal di kabupaten itu. Hal itu diungkapkan Plt. Bupati Solsel Abdul Rahman .
  • Kamis, 21 Mei 2020 - 13:07:38 WIB

    Pemkab Agam Tinjau Pos Pam dan Check Point Sebelum Lebaran

    Pemkab Agam Tinjau Pos Pam dan Check Point Sebelum Lebaran HARIANHALUAN.COM -- Bupati Agam, Indra Catri bersama Kapolres Agam, AKBP Dwi Nur Setiawan, Kapolres Bukittinggi, Iman Pribadi Santoso dan Dandim 0304 Agam, Letkol. Inf. Victor Andhyka Tjokro, meninjau pos pam ramadhan dan leb.
  • Rabu, 20 Mei 2020 - 14:47:13 WIB

    Pemkab Dharmasraya Siapkan Kanal Seputar Covid-19 dan Bansos BLT

    Pemkab Dharmasraya Siapkan Kanal Seputar Covid-19 dan Bansos BLT HARIANHALUAN.COM -- Guna menunjang dan mengawasi pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan melalui Diskominfo Dharmasraya menyediakan kanal pengaduan bagi masyarakat. .
  • Sabtu, 16 Mei 2020 - 08:45:06 WIB

    Pemkab Agam Apresiasi Masyarakat Turun Langsung Antisipasi Covid-19

    Pemkab Agam Apresiasi Masyarakat Turun Langsung Antisipasi Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Hingga kini, pemeriksaan di setiap perbatasan di Kabupaten Agam terus dilakukan terhadap pengunjung yang masuk di daerah tersebut. Salah satunya, di Kecamatan Ampek Nagari, terdapat beberapa posko yang didi.
  • Rabu, 13 Mei 2020 - 11:19:35 WIB

    Humas Pemkab Tanah Datar Sanggah Larang Daryanto Sabir Maju Pilkada, Itu Tak Benar!

    Humas Pemkab Tanah Datar Sanggah Larang Daryanto Sabir Maju Pilkada, Itu Tak Benar! Sehubungan dengan berita yang ditayangkan di www.harianhaluan.com, Minggu (10/5/2020) lalu dengan judul "Peta Politik Tanah Datar Berubah, Daryanto Sabir Dt. Majo Sinaro Pastikan Kembali Maju di Pilkada". Merespon hal itu, Bu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]