Wisata Religi, 15 Turis China Kagum Arsitektur Masjid Raya Sumbar


Rabu, 29 Januari 2020 - 14:54:52 WIB
Wisata Religi, 15 Turis China Kagum Arsitektur Masjid Raya Sumbar Turis asal Kunming, China menggelar salat Zuhur di Masjid Raya Sumbar, Rabu siang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sebuah pemandagan haru dan buat menangis siapa saja yang menyaksikan. Ketika negaranya dirundung virus corona, 15 muslim tergabung pada 150 turis Kunming ke Sumbar, sujud di Masjid Raya Sumbar saat salat Zuhur, Rabu (29/1).

Bahkan secara tak sengaja, turis China yang melakukan salat di Masjid Raya Sumbar juga bertemu dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang kebetulan juga salat di sana. “Indak disangajo, melihat mereka salat dan anggap ambo bapak, buek mato ambo baraia dek nyo,”ujar Irwan Prayitno.

Saat bertemu Irwan Prayitno minta maaf atas sambutan sekarang. “Justru mereka yang minta maaf ke kita, telah merepotkan dna meresahkan Sumbar,”ujar Irwan Prayitno didampingi Kabiro Humas Jasman Rizal.

Ketika berdialog, Irwan Prayitno memberikan motivasi dan mengatakan Islam itu satu di dunia ini. “Biar dari Kunming atau dari mana saja, sesama muslim itu satu dan bersaudara,” ujar Irwan Prayitno.

Jasman mengatakan, saat menyaksikan turis muslim ada Kunming sholat di Masjid Raya Sumbar menitik air mata siapa yang melihatnya. Melihat mereka sujud di Masjid Raya, sementara negaranya diiisolasi karena virus corona dan di Sumbar ditolak pula oleh saudara seakidah mereka. 

"Tapi, turis muslim ini memahami penolakan yang dilakukan masyarakat di Sumbar,” ujar Jasman yang ikut mendampingi salat Zuhur berjemaah di Masjid Raya tadi.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga ikut larut di suasana religius di Masjid Raya Sumbar. IP biasa Irwan Prayitno disapa turut memberi motivasi dalam prespektif Islam dalam mengahadapi musibah dan cobaan.

Xing (39), merasa bahagi akhirnya keinginan sholat di Masjid Raya Sumbar termegah itu tercapai. “Cukup berat kunjungi Sumbar ini, tapi semua sirna saat kami bisa sholat di sini, Allhamdulillah,” ujar Xing diterjemahkan oleh translater. (*)

 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 19:00:28 WIB

    PSBB Berakhir, Riau akan Buka Lagi Ratusan Tempat Wisata

    PSBB Berakhir, Riau akan Buka Lagi Ratusan Tempat Wisata HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi Riau memutuskan tak memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di enam daerah. Ratusan destinasi wisata yang ditutup sementara akibat pendemi Covid-19, bakal dibuka kembali. S.
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 18:09:05 WIB

    Pandemi Covid-19 Tak Pengaruhi Geliat Wisata Kota Tua Padang

    Pandemi Covid-19 Tak Pengaruhi Geliat Wisata Kota Tua Padang HARIANHALUAN.COM -- Hari keempat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah sejumlah objek wisata pantai di Kota Padang, Provinsi Sumbar, Rabu (27/5/2020) masih ramai dikunjungi wisawatan. Kendati demikian, kunjungan wisataaan tidak.
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 11:14:19 WIB

    Destinasi Wisata Ini Diproyeksi Bakal Diminati Pascapandemi

    Destinasi Wisata Ini Diproyeksi Bakal Diminati Pascapandemi HARIANHAALUAN.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memproyeksi produk ekowisata di Indonesia akan sangat diminati pascapandemi Covid-19. Hal itu dipicu oleh kondisi new normal atau tren baru dalam berwisata dimana.
  • Selasa, 21 April 2020 - 07:00:38 WIB

    Pokoknya Jangan! Musim Panas Ini Hindari Dulu Wisata ke Eropa

    Pokoknya Jangan! Musim Panas Ini Hindari Dulu Wisata ke Eropa WISATA, HARIANHALUAN.COM -- Pemimpin Uni Eropa menyerukan agar jangan ada yang liburan musim panas di Eropa. Itu karena tak ada yang tahu berapa lama wabah virus Corona akan berlangsung. .
  • Kamis, 16 April 2020 - 14:46:37 WIB

    Kabar Baik! 1,1 Juta Pekerja Sektor Pariwisata Bakal Dapat Kartu Prakerja

    Kabar Baik! 1,1 Juta Pekerja Sektor Pariwisata Bakal Dapat Kartu Prakerja JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyatakan sebanyak 1,1 juta pekerja di sektor pariwisata bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui program kartu prakerja. B.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]