Wisata Religi, 15 Turis China Kagum Arsitektur Masjid Raya Sumbar


Rabu, 29 Januari 2020 - 14:54:52 WIB
Wisata Religi, 15 Turis China Kagum Arsitektur Masjid Raya Sumbar Turis asal Kunming, China menggelar salat Zuhur di Masjid Raya Sumbar, Rabu siang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sebuah pemandagan haru dan buat menangis siapa saja yang menyaksikan. Ketika negaranya dirundung virus corona, 15 muslim tergabung pada 150 turis Kunming ke Sumbar, sujud di Masjid Raya Sumbar saat salat Zuhur, Rabu (29/1).

Bahkan secara tak sengaja, turis China yang melakukan salat di Masjid Raya Sumbar juga bertemu dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang kebetulan juga salat di sana. “Indak disangajo, melihat mereka salat dan anggap ambo bapak, buek mato ambo baraia dek nyo,”ujar Irwan Prayitno.

Baca Juga : Sumatera Adventure Bisa Menjadi Lokomotif Ekonomi Baru 

Saat bertemu Irwan Prayitno minta maaf atas sambutan sekarang. “Justru mereka yang minta maaf ke kita, telah merepotkan dna meresahkan Sumbar,”ujar Irwan Prayitno didampingi Kabiro Humas Jasman Rizal.

Ketika berdialog, Irwan Prayitno memberikan motivasi dan mengatakan Islam itu satu di dunia ini. “Biar dari Kunming atau dari mana saja, sesama muslim itu satu dan bersaudara,” ujar Irwan Prayitno.

Baca Juga : Bagian dari Sport Tourisme, Sandiaga Uno Dukung Pelaksanaan Tour de Singkarak Digelar Tahun Ini

Jasman mengatakan, saat menyaksikan turis muslim ada Kunming sholat di Masjid Raya Sumbar menitik air mata siapa yang melihatnya. Melihat mereka sujud di Masjid Raya, sementara negaranya diiisolasi karena virus corona dan di Sumbar ditolak pula oleh saudara seakidah mereka. 

"Tapi, turis muslim ini memahami penolakan yang dilakukan masyarakat di Sumbar,” ujar Jasman yang ikut mendampingi salat Zuhur berjemaah di Masjid Raya tadi.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga ikut larut di suasana religius di Masjid Raya Sumbar. IP biasa Irwan Prayitno disapa turut memberi motivasi dalam prespektif Islam dalam mengahadapi musibah dan cobaan.

Xing (39), merasa bahagi akhirnya keinginan sholat di Masjid Raya Sumbar termegah itu tercapai. “Cukup berat kunjungi Sumbar ini, tapi semua sirna saat kami bisa sholat di sini, Allhamdulillah,” ujar Xing diterjemahkan oleh translater. (*)

Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]