Antisipasi Banjir, Hutan Gundul di Solsel Bakal Ditanam 7.500 Pohon 


Rabu, 29 Januari 2020 - 16:37:42 WIB
Antisipasi Banjir, Hutan Gundul di Solsel Bakal Ditanam 7.500 Pohon  Foto bersama unsur Forkompinda setelah Apel Gabungan Kesiapsiagaan Bencana di RTH Muaralabuh, Solsel. Jefli

SOLOK SELATAN,HARIAN HALUAN.COM- Mengantisipasi terjadi bencana banjir bandang dan longsor di lokasi hutan yang gundul di Solsel bakal dilakukan penanaman 7.500 bibit pohon. Hal ini disampaikan Sekdakab Solsel, Yulian Efi saat Apel gabungan siaga bencana di Ruang Terbuka Muara Labuh, Rabu (29/1).

"Bibit pohon bantuan dari PT Supreme Energy Muara Laboh (PTSEML) itu bakal ditanam di hutan tropis Kita yang gundul akibat longsor ataupun kemungkinan akibat dari pembabatan liar. Terutama di daerah ulu Sungai," kata Yulian Efi pada harianhaluan.com.

Selain, penanaman di hulu Sungai, imbuhnya juga akan dilakukan penanaman bibit pohon di pinggir bukit yang rawan longsor supaya nantinya mampu menahan debit air.

Ia menambahkan, latihan kesiapsiagaan bencana ini bertujuan untuk mempersiapkan personil apabila suatu saat terjadi bencana. "Mengingat sering terjadi bencana alam di Solsel. Artinya, kita sudah menyiapkan regulasi dan personil untuk penanganan bencana,” ucapnya.

Kapolres Solsel, AKBP Imam Yulisdianto yang bertindak sebagai Inspektur Apel mengatakan dalam menghadapi bencana alam lebih diutamakan pada sisi kemanusian. "Setelah dilakukan Apel ini dari seluruh elemen. Kita dapat melihat kesiapan semua unsur untuk menghadapi bencana, namun Kita tidak memghendaki bencana terjadi," sebutnya.

Menurutnya, seluruh stakeholder di Solsel sudah peduli akan pentingnya merawat alam dan lingkungan. Dengan dilakukan penanaman bibit pohon secara masif. Hal ini dikarenakan dalam menghadapi bencana pihak kepolisian tidak bisa berdiri sendiri akan tetapi melibatkan semua unsur terkait. "Karena ini kemanusian. Adapun cara masif yang dilakukan dalam merawat alam telah dilakukan oleh TNI-Polri, Kejari maupun dari pemerintah daerah dan lainnya," ujarnya.

Terpisah, Bujang Joan Dt Panyalai selaku Relations Supervisor PTSEML mengatakan dari 7.500 bibit pohon itu terdiri dari 3.000 Kayu Manis, 1.000 Manggis, 500 Macadamia, Kayu Aren 1.000 batang, Mahoni 1.000 batang dan Petai 1.000 batang. "Penanaman Aren nantinya bakal di fokuskan di bantaran ulu Sungai Batang Bangko Putih," ujarnya.

Menurut Bujang Joan, pohon Aren memiliki nilai ekonomi sehingga apabila ditanam dibantaran sungai maka nantinya masyarakat bisa menikmati hasil panennya. "Hal ini sudah dikoordinasikan dengan Pemerintah Desa/Nagari dan Pemkab Solsel dan semuanya mendukung," tuturnya.

Ia menyatakan, untuk bibit Kayu Manis bakal dibagikan pada Petani dan untuk penanaman dilakukan secara bertahap yang dimulai pada 12 Februari 2020. (h/jef)

Reporter : JEFLI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]