Piala AFC 2020, PSM Makassar Hajar  Lalenok United  3-1


Rabu, 29 Januari 2020 - 20:12:02 WIB
Piala AFC 2020, PSM Makassar Hajar  Lalenok United  3-1 Ferdinand Sinaga (6) merayakan gol pada salah satu laga bersama PSM Makassar. (Foto: PSM)

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Berlaga pada  leg kedua playoff di Stadion Pakansari, Rabu (29/1/2020) sore,  PSM Makassar hajar  Lalenok United  3-1.

Kemenagan  atas  klub dari Timor Leste itu  memastikan  PSM Makassar  melaju ke fase grup Piala AFC 2020 karena unggul agregat 7-2 setelah pada pertemuan pertama menang 4-1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, pekan lalu..

Spesialnya, kemenangan tersebut didapat dengan cara yang tak biasa lantaran PSM harus bermain pincang dengan sembilan orang. Kondisi itu terjadi setelah Wiljan Pluim dan Muhammad Arfan dikartu merah.

Pada laga ini, PSM yang sudah unggul secara agregat tetap tampil ngotot sejak peluit kickoff dibunyikan. Tim besutan Bojan Hodak itu bahkan sudah membuka keran gol kala pertandingan baru bergulir lima menit.

Berawal dari serangan balik cepat, Pluim mengirimkan umpan yang berhasil dikonversi Giancarlo Lopes menjadi gol. Unggul satu gol tak membuat juara bertahan Piala Indonesia itu mengendurkan serangan.

Menit 16, Juku Eja hampir menambah pundi-pundi gol jika tendangan Pluim tidak mencium mistar gawang Lalenok. Baru pada menit 28, pasukan Hodak bisa memperlebar keunggulan menjadi 2-0.

Pluim lagi dan lagi mampu menjadi kreator gol kedua PSM setelah umpan terukurnya berhasil ditanduk striker Ferdinand Sinaga dan bersarang mulus ke gawang tim tamu yang dijaga Castino da Costa.

Malapetaka menghampiri kubu tuan rumah menit 34. Pluim yang jadi bintang pada babak pertama diganjar kartu kuning kedua dan terpaksa meninggalkan lapangan lebih awal.

Dia mendapat hukuman tersebut lantaran melayangkan protes keras kepada wasit. Beruntung, meski kalah jumlah pemain, PSM bisa menjaga keunggulan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Lalenok yang unggul jumlah pemain mampu memperkecil kedudukan menit ke-51 lewat gol sang kapten Francisco da Costa. Setelahnya tensi pertandingan berjalan makin panas hingga kerap menyajikan friksi di atas lapangan.

PSM harus bermain dengan sembilan pemain setelah Arfan diganjar kartu merah menit 58. Kondisi tersebut tak membuat mereka menyerah.

Juku Eja bahkan bisa menambah gol lewat sumbangan Irsyad Maulana menit 84 setelah memanfaatkan assist Zulkifli Syukur. Torehan mantan pemain Semen Padang itu sekaligus menutup keran gol tuan rumah pada laga tersebut.  (*)

 Sumber : Sport /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM