Hujan Angin, BPBD Padang Evakuasi 36 Titik Pohon Tumbang


Rabu, 29 Januari 2020 - 21:36:31 WIB
Hujan Angin, BPBD Padang Evakuasi 36 Titik Pohon Tumbang Tim BPBD evakuasi pohon tumbang. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Satu pohon kelapa dengan panjang 20 meter dan diameter 55 cm tumbang menimpa rumah warga di jalan Gambolo RT.003/RW.004 Pasia Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah, Rabu, 29 Januari 2020 sekira pukul 15.20 WIB.

Tim TRC BPBD Kota Padang bergerak cepat melakukan pembersihan dan pemotongan pohon yang tumbang tersebut.

Kelala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Barlius mengatakan, tumbangnya pohon kelapa tersebut karena hujan dan angin kencang.

"Tak hanya pohon kepala yang tumbang di jalan Gambolo itu, di beberapa titik juga terjadi kejadian pohon tumbang. Regu-regu TRC BPBD masih bekerja di lapangan," ungkap Barlius, Rabu sore, (29/1/2020).

Ia mengatakan, setidaknya kejadian pohon tumbang tersebut terjadi di 7 kecamatan di 36 titik lokasi. Yaitu di Kecamatan Nanggalo, Kuranji, Koto Tangah, Padang Barat, Padang Utara, Padang Timur, dan Bungus Teluk Kabung.

Pohon tumbang yang menimpa rumah warga di jalan Gambolo Koto Tangah. Sementara itu, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi gerak cepat BPBD Kota Padang melakukan pembersihan dan pemotongan pohon-pohon tumbang di 36 titik lokasi tersebut.

"Langkah cepat yang dilakukan oleh Kepala BPBD Padang Barlius perlu kita berikan suport bagi petugas TRC-nya yang turun sejak malam kemarin sampai sore ini. Mereka tiada henti melakukan pembersihan dan pemotongan pohon yang tumbang akibat angin kencang dan hujan melanda Kota Padang semalam," ucap Wako Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, langkah yang dilakukan BPBD sudah tepat, cepat dan sigap. Apatah lagi, kejadian pohon tumbang tersebut sulit untuk diprediksi.

"Kita minta kepada TRC BPBD harus cepat dan sigap dalam mengantisipasi kejadian seperti yang terjadi semalam dan memang  sulit kita prediksi kapan datangnya.Tapi, alhamdulillah Kepala BPBD Barlius cepat tanggap dan sangat peduli akibat bencana ini," puji Mahyeldi. (*)

 Sumber : Rilis /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 09 Mei 2020 - 06:02:17 WIB

    Hujan Deras Disertai Angin Kencang Melanda Kota Padang pada Dini Hari

    Hujan Deras Disertai Angin Kencang Melanda Kota Padang pada Dini Hari PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hujan deras mengguyur Kota Padang, Provinsi Sumbar pada dini hari Sabtu (9/5/2020). Hujan juga disertai angin kencang. Hal tersebut membuat sebagian warga waspada. Terutama daerah rawan banjir kala.
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 14:03:48 WIB

    Diguyur Hujan, 10 Lokasi di Kota Padang Terdampak Pohon Tumbang

    Diguyur Hujan, 10 Lokasi di Kota Padang Terdampak Pohon Tumbang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Diguyur hujan beserta angin kencang dalam 2 (dua) hari terakhir, 10 (sepuluh) pohon tumbang di beberapa wilayah Kota Padang. Sembilan diantaranya menghambat akses jalan, sedangkan 1 (satu) pohon me.
  • Selasa, 22 Januari 2019 - 22:51:50 WIB

    Sampai Akhir Januari, BMKG Prediksi Padang Diguyur Hujan

    Sampai Akhir Januari, BMKG Prediksi Padang Diguyur Hujan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Minangkabau memperkirakan Kota Padang akan diguyur hujan sampai akhir Januari 2019. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stas.
  • Kamis, 18 Oktober 2018 - 18:55:37 WIB

    Musim Hujan, Volume Sampah di Padang 480 Ton per Hari

    Musim Hujan, Volume Sampah di Padang 480 Ton per Hari PADANG, HARIANHALUAN.COM - Hujan lebat yang terus mengguyur Kota Padang beberapa hari belakangan ini membuat volume sampah meningkat. Jika biasanya sehari jumlah sampah mencapai angka 450 ton, beberapa hari belakangan volumen.
  • Jumat, 09 Februari 2018 - 12:25:09 WIB

    Berharap Hujan Turun, DPRD Padang Ajak Salat Istisqa

    Berharap Hujan Turun, DPRD Padang Ajak Salat Istisqa PADANG, HARIANHALUAN.COM--DPRD Kota Padang mengimbau Pemerintah dan warga Kota Padang untuk melakukan salat minta hujan (Istisqa) agar hujan segera diturunkan Allah SWT..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]