Pasangan Antoni-Rahmat  Resmi Didaftarkan RAR Pasaman Sebagai Calon Independen


Kamis, 30 Januari 2020 - 14:47:59 WIB
Pasangan Antoni-Rahmat  Resmi Didaftarkan RAR Pasaman Sebagai Calon Independen LO Balon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman dari jalur perseorangan, Antoni-Rahmat Setia, Rully Firmansyah, saat mendaftarkan mandat ke KPU Pasaman. YUDHI

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Komunitas Relawan Aspirasi Rakyat (RAR) Pasaman resmi mendaftarkan pasangan calon kepala daerah dari jalur perseorangan (Independent) untuk mengikuti ajang Pilkada Serentak pada 2020 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, Kamis (30/01/20).
     
"Setelah melalui berbagai pertimbangan dan masukan dari seluruh unsur, kami memutuskan untuk mengusung pasangan calon atas nama Drs.H. Antoni Rahmat sebagai bakal calon bupati dan Rahmat Setia sebagai bakal calon wakil bupati Pasaman," kata juru bicara komunitas tersebut, Dasri Mossad, di Lubuksikaping.
     
Keputusan tersebut, lanjutnya, ditandai dengan telah ditunjuknya seorang Liaison Officer atau petugas penghubung, melalui Surat Mandat nomor 001/01-2020/ARS-AR01 atas nama Rully Firmansyah, untuk menangani segala kelengkapan dokumen administrasi pencalonan dari jalur perseorangan.
     
Menurutnya, sosok LO tersebut dinilai cocok karena dikenal sebagai figur yang memiliki integritas dan selalu mengedepankan nilai-nilai profesional dalam bekerja, selain memiliki kematangan pengalaman dalam menangani pilkada di beberapa daerah Sumatera Barat.
     
"Kemampuan manajerial dan kerja kerasnya sangat kami butuhkan karena persyaratan administrasi dari jalur pencalonan yang kami tempuh ini cukup rumit dan membutuhkan kehati-hatian baik dalam pengerjaan maupun pemahaman terhadap regulasi tentang pemilihan kepala daerah," ungkapnya.
     
Selain itu, pihaknya juga sudah menetapkan tim operator Sistem Informasi Pencalonan (SILON) yang akan membantu tugas-tugas LO beserta beberapa divisi lainnya yang diperlukan.
     
"Ini sejarah baru untuk Kabupaten Pasaman, kami berharap dengan hadirnya pasangan calon dari jalur perseorangan ini mampu menjadi semangat baru dalam berdemokrasi yang sehat, cerdas dan berkualitas," ujarnya.
     
Terkait latar belakang komunitas tersebut memberanikan diri untuk mengusung calon perseorangan, ia menegaskan bahwa hal ini sebagai bentuk perjuangan dalam membebaskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dari kungkungan kepentingan segelintir orang sebagaimana yang lazim terjadi selama ini.
    
 "Sudah saatnya ada pejuang-pejuang yang memiliki niat luhur dan memporsikan sebesar-besarnya keberpihakan mereka terhadap kepentingan masyarakat luas, sanggup bekerja profesional dan proporsional, mandiri, unggul dan maju dalam berpikir serta bebas dari unsur politik premanisme, hanya menguntungkan pribadi dan golongan sekaligus mampu mengembalikan hak-hak masyarakat kepada masyarakat itu sendiri," tegasnya.
     
Sementara itu, Komisioner KPU yang sekaligus Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Juli Yusran, menjelaskan setelah diserahkannya surat tugas atau surat mandat oleh tim independen pengusung calon perseorangan dari pasangan tersebut, maka tim tersebut berhak mendapatkan username dan password aplikasi SILON.
     
"Petugas operator yang sudah ditunjuk segera dibekali dan dipandu sesuai bidang tugas dan kewenangan KPU," ucapnya.
     
Setelah itu, lanjutnya, tim tersebut bisa bekerja mempersiapkan seluruh administrasi pencalonan serta memasukkan data surat dukungan pencalonan dalam format formulir B1.KWK calon perseorangan, dengan jumlah minimal perolehan dukungan sebanyak 19.983 lembar pernyataan.
     
"Penyerahannya akan kami tunggu hingga tanggal 23 Februari 2020, sebagai batas akhir penyerahan dokumen pada pukul 00.00 WIB," tegasnya. (h/yud)

Reporter : YUDHI /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]